SILATNAS BARISAN MUDA INDONESIA RAYA RABU 7 AGUSTUS 2019 GORDANG SEMBILAN AKAN BERGEMA DI RAJA BATU

Diskominfo – Madina. Dalam rangka menyemarakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) Ke 74. Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal bekerjasama dengan Barisan Muda Indonesia Raya (BMIR) menggelar Silaturahmi Nasional (Silatnas) dan Festival Suara Madina di Taman Raja Batu Kompelek Perkantoran Payaloting, pada Rabu (7/8/2019) mendatang.

Foto – Gordang Sambilan, salah satu kesenian Tradisional Mandailing

Dalam memeriahkan Silaturrahmi Nasional (Silatnas) Barisan Muda Indonesia Raya (BMIR), 24 grup Gordang Sambilan akan bergema di taman Raja Batu, juga akan menampilkan tarian delapan etnis Sumatera Utara, festival tor-tor Mandailing dan audisi festival Suara Madina.

Festival Suara Madina bertujuan untuk menjaring penyanyi-penyanyi daerah terbaik Mandailing Natal yang nantinya akan di rekrut menjadi duta Madina atau menjadi model dalam film Kopi Mandailing. Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan Mandailing Natal, Zulkhairi Pulungan menyampaikan, dalam audisi  tim juri  berasal dari artis ibukota seperti Machica Mochtar, P. Malarange, Roy Marten, Anwar Puadi dan Syamsir KDI.

Ketua Panitia Silatnas dan festival Suara Madina yang juga Wasekjend DPN BMIR, Roni Marwan.S.Sos  menyampaikan, selain sambutan dari Ketua Umum BMIR tentang Silatnas dan pembukaan Festival Suara Madina akan ada juga pembuatan film kopi Mandailing Natal dan pemaparan wawasan Kebangsaan oleh Dr. Ir. Akbar Tanjung, Ketua DPR RI, dan Kapolri.

Foto – Ketua Panitia Silatnas dan festival Suara Madina , Roni Marwan.S.Sos.

Roni Marwan menjelaskan acara ini juga akan menjadi ajang peragaan budaya Sumatera Utara dan Mandailing Natal seperti penampilan Delapan Etnis Sumatera Utara dan Gordang Sambilan, pemenang festival Suara Madina ini akan diupayakan menjadi  Duta Muda Madina yang nantinya akan dilakukan perekaman video klip untuk mengangkat pontensi Madina sampai skala Nasional. Sementara untuk pembuatan film kopi Mandailing, pemainnya akan diambil dari pemenang suara Madina,” tambahnya.

 

Tim Redaksi