SEKWAN NASIONAL KEK TINJAU KESIAPAN INFRASTRUKTUR DI KECAMATAN BATAHAN

DISKOMINFO – MADINA.  Dari tanggal 22 Agustus hingga 24 Agustus 2019. Sekretaris Dewan (Sekwan) Nasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Enoh Suharto Pranoto dan tim melakukan peninjauan lokasi kesiapan KEK di kecamatan Batahan Kabupaten Mandailing Natal (Madina). Kunjungan lapangan ini dalam rangka menindaklanjuti pertemuan Bupati Madina, Menko Perekonomian dan Dirut PTPN IV beberapa waktu lalu terkait usulan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Kabupaten Mandailing Natal.

Enoh Suharto Pranoto dan tim juga melakukan pengecekan terhadap kesiapan infrastruktur yang ada termasuk pelabuhan, bandara, jembatan, akses jalan, raw material, air, gas, pengendalian banjir dan sisi pengolahan sampah.

Untuk infrastruktur yang dipersiapkan Pemda Madina terhadap percepatan KEK ini mendapat resfon positif dari Dewan KEK karena Pemerintah Daerah telah membuat pelabuhan dan akses jalan.

“Ada pelabuhan, ada akses jalan ini merupakan hal positif tinggal penyelesaian jembatan harus segera dilakukan,” sebut Enoh Suharto Pranoto.

“Intinya KEK itu adalah fasilitas dan kemudahan fasilitas dan perizinan. Kalau pengusaha berinvestasi ada fasilitas dan diberikan kemudahan dan perizinan dan fiskal yang dibutuhkan,” sebut Sekretaris Dewan KEK .

Sekwan Nasional KEK, Enoh Suharto Pranoto dan tim saat melakukan peninjauan lokasi juga didampingi Kadis Pertanian Madina, Taufik Zulhendra, Kadis Pertanahan Madina, Akhmad Faisal, Camat Batahan, Irsal, Kabid Pengelolaan Informasi Dan Komunikasi Publik Wildan Nasution dan masyarakat kecamatan Batahan.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Madina, Wildan Nasution yang juga ikut serta dilapangan menjelaskan bahwa hasil dari peninjauan lokasi kesiapan KEK di Kecamatan Batahan ini, akan di laporkan Sekwan Nasional KEK ke pusat. Dan berharap semoga kerja keras ini mendapat dukungan dari semua pihak demi untuk peningkatan ekonomi masyarakat Madina ke depan.Kecamatan Batahan akan jadi salah satu agenda besar Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal untuk pembangunan lokasi Kawasan Ekonomi Khusus dalam mendongkrak Perekonomian dan Pariwisata Masyarakat Kec. Batahan Khususnya, Mandailing Natal pada umumnya.

Tim Redaksi