RSUD Panyabungan Gunakan Aplikasi SQRI

Optimalkan Pemeliharaan Alat Kesehatan, RSU Panyabungan Gunakan Aplikasi SQRIPANYABUNGAN – Saat ini pihak RSU Panyabungan memacu kelengkapan alat-alat kesehatan sebagai merupakan prioritas utama di bidang sarana dan prasarana.

Karena alat-alat kesehatan merupakan investasi terbesar yang nilainya sangat tinggi dan kemudian perlu menjadi perhatian khusus karena berhubungan langsung dengan pelayanan pasien. Sehingga keakurasiannya juga harus terjaga, dan nantinya user dan pasien dalam melaksanakan kegiatannya berjalan dengan aman.

Berdasar itu, Bidang Sarana dan Prasarana RSU Panyabungan menggunakan aplikasi SQRI (System Quik Respon Identification) berbasis Smartphone di dalam pengoptimalan pemeliharaan alat-alat kesehatan pada rumah sakit umum itu.

Kabid Sarana dan Prasarana RSU Panyabungan, Mhd Faisal Hasibuan, ST menjawab Mandailing Online, Minggu (29/5) mengatakan, aplikasi SQRI merupakan sebuah sistem resfon identifikasi gerak cepat. Aplikasi ini merupakan sebuah Barcode dalam bentuk stiker (bentuk simbol data) yang ditempelkan pada alat-alat kesehatan.

Dengan memindai atau men-scan pada alat-alat kesehatan tersebut menggunakan smartphone, nantinya akan mengirim data-data alat-alat tersebut itu ke unitnya. Kemudian, data-data tersebut akan diresponpenanganan selanjutnya untuk ditidaklanjuti dalam bentuk pemeliharaan atau perbaikan.

Dikatakannya, selama ini pihaknya masih merasa kesulitan di didalam mendata identitas alat-alat kesehatan yang ada di rumah sakit umum. Namun dengan menggunakan barcode yang menggunaan aplikasi smartphone tersebut, data-data langsung diperolehnya dengan cepat dan akurat.

Dengan aplikasi ini, sebut Faisal, permintaan pemeliharaan dan perbaikan alat-alat kesehatan atau reques service user-user yang ada di rumah sakit umum, bisa diterima dengan cepat.

Sumber: mandailingonline.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.