Rencana Aksi Nasional P4GN di Kabupaten Mandailing Natal

Diskominfo – Madina. Terbitnya Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2018 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN) menjadi payung hukum bagi semua kementerian dan lembaga negara untuk bersama-sama melaksanakan kegiatan tersebut. Pelaksanaan sosialisasi Rencana Aksi P4GN tahun 2018 kepada Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) atau melakukan sosialisasi baik itu sosialisasi secara langsung maupun penyebarluasan informasi dengan media elektronik dan iklan, target dari sosiliasiasi ini seluruh kementerian/lembaga pemerintahan, dapat mengikutsertaan masyarakat pada pelaku usaha sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Kegiatan yang dilakukan antara lain, sosialisasi bahaya narkoba kepada pegawai, siswa, mahasiswa dan masyarakat dalam pelaksanaan sosialisasi dan pembentukan regulasi tentang P4GN tahun 2018 sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, pelaksanaan tes urine, pembentukan satuan tugas anti narkoba, dan pengembangan potensi masyarakat pada kawasan rawan narkoba. 

Bidang Pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelab narkotika dan prekursor narkotika tahun 2018-2019:

  1. Peningkatan Kampanye Publik tentang Bahaya Penyalahgunaan Narkotika dan Prekursor Narkotika
  2. Deteksi Dini Penyalahgunaan Narkotika dan Prekursor Narkotika
  3. Pengembangan Pendidikan Anti Narkotika dan Prekursor Narkotika
  4. Pemberdayaan Masyarakat

Bidang Pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelab narkotika dan prekursor narkotika tahun 2018-2019:

  1. Pembersihan Tempat dan Kawasan Rawan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika
  2. Penguatan Pengawasan Pintu Masuk Negara Republik Indonesia (Bandara, Pelabuhan dan Pos Lintas Batas Negara)
  3. Pembentukan Rumah Tahanan Narkotika
  4. Pengembangan Sisten Interdiksi Terpadu

Bidang Rehabilitasi bagi pengguna narkotika:

  1. Peningkatan Kapasitas Layanan Rehabilitasi Korban Penyalahgunaan Narkotika dan Prekursor Narkotika
  2. Peningkatan Kapasitas Layanan Pasca Rehabilitasi Korban Penyalahgunaan Narkotika dan Prekursor Narkotika

Penelitian dan Pengembangan Penanganan Penyalahgunaan Narkotika dan Prekursor Narkotika:

  1. Pengembangan Riset Permasalahan Narkotika dan Prekursor Narkotika
  2. Integrasi Data

Selain dari sosialisasi tahap yang dilakukan, Penguatan dukungan ekologi sosial bagi para penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS), Melakukan pembinaan dan penyebarluasan P4GN kepada seluruh sektor masyarakat luas dan lembaga pemerintahan, Pendirian pusat informasi edukasi narkotika, psikotropika dan zat adiktif di wilayah rawan dan rentan narkotika dan prekursor narkotika, Penguatan pemberdayaan masyarakat dalam memetakan permasalahan penyalahgunaan NAPZA di daerah rawan dan rentan pada daerah tertinggal, terdepan dan terluar, Kemudian Penutupan situs dan melegasi jual beli narkotika dan prekursor narkotika.

Bentuk implementasinya adalah secara aktif menyelenggarakan sosialisasi pada stakeholder terkait serta di lingkungan sekitar, seperti sekolah dan kampus. Kedua tempat ini rawan menjadi target pemasaran narkoba. Penyebabnya adalah rasa ingin tahu yang besar pada masyarakat berusia muda yang mendorong pelajar dan mahasiswa mencoba segala hal, termasuk mencicipi narkoba.

Kerja sama semua lembaga baik itu lembaga pemerintah maupun masyarakat dapat sinkronisasi dalam keberhasilan dalam P4GN, salah satu lembaga pemerintah juga mempunyai peranan penting dalam Rencana Aksi P4GN tahun 2018 ini yaitu Kemenristekdikti  yaitu dalam Implementasi peraturan tersebut adalah pengembangan pendidikan anti narkoba di tingkat perguruan tinggi.

Sosialisasi Inpres Nomor 6 Tahun 2018 tentang Rencana Aksi Nasional P4GN di Kabupaten Mandailing Natal dilakukan di Aula Kantor Bupati, Komplek Perkantoran Payaloting Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal, Kamis (19/09/2019)

Bupati Mandailing Natal, Drs. H. Dahlan Hasan Nasution dalam hal ini diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Mandailing Natal, Drs. Syahnan Batubara, MM membuka acara sosialisasi Inpres Nomor 6 Tahun 2018 tentang aksi nasional program pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN) di wilayah Kabupaten Mandailing Natal.

Acara sosialisasi ini dihadiri oleh Kepala BNNK Mandailing Natal, Ramlan, SH, MH, Danramil 13 Panyabungan Perwira Penghubung (Pabung), Mayor Inf Rabani, Para Asisten di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal, Staf Ahli di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal, Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal dan Para Camat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal.

Melalui kegiatan ini Bupati Mandailing Natal berharap kepada kita semua untuk lebih berkomitmen dalam melaksanakan P4GN di Kabupaten Mandailing Natal khususnya, dan daerah ini sudah dalam tahap rawan mengkhawatirkan dalam peredaran dan penggunaan narkorika.

Tim Redaksi