PERINGATAN KE-73 HARI BHAYANGKARA TAHUN 2019

Diskominfo – Madina. Peringatan Hari Bhayangkara yang ke-73 dilaksanakan di Kecamatann Sinunukan Kabupaten Mandailing Natal, Rabu (10/07/2019).  Peringatan Hari Bhayangkara terkait erat dengan terbitnya Penetapan Pemerintah Nomor 11 Tahun 1946. Melalui penetapan tersebut, Jawatan Kepolisian Negara yang semula berada dalam lingkungan Kementerian Dalam Negeri, ditetapkan menjadi jawatan tersendiri, yang langsung berada di bawah Perdana Menteri atau Presiden, selaku Kepala Pemerintahan.

Peristiwa yang terjadi pada 1 Juli 1946 menjadi momentum meleburnya berbagai elemen kepolisian ke dalam satu institusi kepolisian yang bersifat nasional. Berbagai perbaikan yang dilaksanakan ole Polri selama 3 tahun terahir melalui Program Promoter, dititik beratkan pada 3 kebijakan utama yaitu peningkatan kinerja, perbaikan kultur dan manajemen media. Peningkatan kinerja diwujudkan melalui peningkatan kualitas pelayanan publik, Profesiolisme dalam penegakan hukum dan pemeliharaan stabilitas kamtibmas secara optimal. Perbaikan kultur direalisasikan dengan menekan budaya koruptif, menghilangkan arogansi kekuasaan dan menekan kekerasan aksesif. Sedangkan Manajemen media dilaksanakan pada media konvensional dan media sosial, dengan menyampaikan berbagai upaya Polri dalam memelihara kamtibmas dan meminimalisir berita negatif termasuk hoax dan ujaran kebencian.

 

Dalam kesempatan itu turut hadir, Sekretaris Mandailing Natal, Drs. Syahnan Batubara, MM, Kapolres Mandailing Natal, AKBP. Irsan Sinuhaji, S.IK. MH, Kajari Mandailing Natal, Ketua Pengadilan Agama Panyabungan, Yunadi, S.Ag, Dandim 0212/TS beserta anggota, Kapolres Mandailing Natal, AKBP. Irsan Sinuhaji, S.IK. MH, Ketua Bhayangkari Mandailing Natal, Novi Irsan, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Para Perwira, Bintara serta Pegawai Ngeri Sipil di lingkungan Polres Mandailing Natal.

Dalam menjalankan tugasnya Polri tetap survive melaksanakan tugasnya sesuai undang-undang. Polri saat ini memiliki anggota 446.873 personel, tersebar pada 34 Polda di 34 Provinsi, 461 Polres di 514 Kabupaten / Kota, serta 4.872 Polsek di 7.201 Kecamatan, bersama dengan TNI dan komponen-komponen bangsa lainnya menjadi pilar keutuhan Negara Kesatuan Republlik Indonesia.

Kapolres Mandailing Natal, AKBP. Irsan Sinuhaji, S.IK. MH menyatakan “Polri akan siap menindaklanjuti 5 instruksi Bapak Presiden dan mempedomaninya dalam pelaksanan tugas yaitu, (1) Meningkatkan kualitas sumber daya manusia Polri, (2) Mengedepankan strategi kepolisian proaktif dan tindakan humanis, (3) Meningkatkan kualitas pelayanan publik, (4) Meningkatkan profesionalisme dalam hukum, (5) Memperkuat koordinasi dan kerja sama dengan TNI, Kementerian / Lembaga, Pemerintah Daerah serta masyarakat (10/07/2019).

Pengelolaan organisasi Polri, khususnya terkait Opini Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan yang diraih Polri selama 6 tahun berturut-turut mulai dari tahun 2013 sampai dengan 2018, peningkatan Nilai Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Polri dari 72,11 di tahun 2017 menjadi 74,08 di tahun 2018, Peningkatan Indeks Reformasi Birokrasi Birokrasi Polri, dari 73,65 di tahun 2017 menjadi 75,18 di tahun 2018, serta terwujudnya 69 Zona Integritas di lingkungan polri. ujar Kapolres Mandailing Natal, AKBP. Irsan Sinuhaji, S.IK. MH.

Tim Redaksi