Peringatan Hari Ibu ke-91 di Kabupaten Mandailing Natal

Diskominfo – Madina. Peringatan Hari Ibu dilaksanakan setiap tanggal 22 desember dan ditetapkan sebagai perayaan nasional. Tanggal ini diresmikan oleh Presiden Soekarno di bawah Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959, pada ulang tahun ke-25 Kongres Perempuan Indonesia 1928. Peringatan Hari Ibu dilaksanakan untuk merayakan semangat wanita Indonesia dan untuk meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara.

Peringatan Hari Ibu merupakan momentum untuk mengenang dan menghargai perjuangan kaum perempuan Indonesia, sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam perjuangan merebut kemerdekaan. Peringatan Hari Ibu juga dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap peran dan kedudukan kaum perempuan Indonesia dalam upaya peningkatan keutuhan dan kesejahteraan keluarga dan masyarakat melalui peningkatan kualitas peran-perannya baik peran pribadi, mandiri maupun organisasinya dalam berbagai aktivitas pembangunan.

Peringatan Hari Ibu menunjukkan bahwa perjuangan kaum perempuan Indonesia, telah menempuh proses yang sangat panjang dalam mewujudkan persamaan peran dan kedudukannya dengan kaum laki-laki.

Memperingati Hari Ibu yang ke 91 di Kabupaten Mandailing Natal diselenggarakan melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2PA) yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna, Parbangunan, Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal, Kamis (12/12/2019)

Dalam kesempatan itu terlihat kehadiran dari Bupati Mandailing Natal, Drs. H. Dahlan Hasan Nasution, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Mandailing Natal, Ny. Ika Desika Dahlan Hasan Nasution, Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Mandailing Natal, Dra. Hj. Nur Amali Nasution, Ketua Bhayangkari Kabupaten Mandailing Natal, Ketua Adhyaksa Dharma Karini Kabupaten Mandailing Natal, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Kabupaten Mandailing Natal, Ketua Dharma Yukti Karini Kabupaten Mandailing Natal, Ketua BKMT Kabupaten Mandailing Natal, Ketua Penggerak PKK Kecamatan se-Kabupaten Mandailing Natal dan undangan.

Dalam sambutan Bupati Mandailing Natal, Drs. H. Dahlan Hasan Nasution “Peringatan Hari Ibu (PHI) setiap tahunnya dilaksanakan di Indonesia, untuk tahun ini puncak peringatan hari ibu dilaksanakan di Kota Semarang Provinsi Jawa Tengah pada tanggal 22 desember 2019, di Kabupaten Mandailing Natal dilaksanakan pada hari ini, selamat hari ibu buat seluruh kaum-kaum hawa diseluruh dunia khususnya ibu-ibu yang hadir dalam kesempatan ini, bicara mengenai ibu, telah banyak keberhasilan dan kemajuan yang dicapai perempuan hingga saat ini, namun tidak dipungkiri bahwa kondisi perempuan dan juga anak sebagai kelompok masyarakat yang rentan dari berbagai kekerasan, eksploitasi dan perlakuan diskriminatif lainnya, mengingat maraknya kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak yang akhir-akhir ini banyak terjadi di masyarakat, dengan adanya acara memperingati hari ibu ini dapat memberikan penyadaran kepada kita semua tentang pentingnya berbagai upaya untuk melindungi perempuan dan anak dari berbagai bentuk kekerasan dengan melibatkan semua komponen masyarakat. Dengan terselenggaranya peringatan hari ibu ke-91 tahun 2019 di Kabupaten Mandailing Natal.

Dalam kesempatan itu juga Ketua TP PKK Kabupaten Mandailing Natal, Ny. Ika Desika Dahlan Hasan Nasution menyebutkan “Ibu adalah sebab dari keberadaan dan eksistensi kita didunia ini, dan ibu adalah sosok yang berperan penting bagi setiap individu baik dalam kehidupan pribadi, keluarga, masyarakat maupun negara, bahkan juga termasuk dalam kehidupan beragama. karena ibu adalah orang pertama yang mendidik kita, orang pertama yang menanamkan nilai-nilai dan norma-norma pada kita, letak dasar dan pondasi keperibadian. jika seorang ibu berhasil dalam membina seorang individu itu artinya telah berhasil dalam membina pribadi yang siap dalam mewujudkan keberhasilan suatu bangsa, masyarakat dan agama”.

Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabupaten Mandailing Natal, Ir. Donna Dameria, MM dalam laporannya menyebutkan dalam peringatan hari ibu ini juga diadakan berbagai macam perlombaan diantaranya adalah lomba peningkatan pemberdayaan perempuan melalui kewirausahaan dan lomba peningkatan peran keluarga dalam pendidikan anak.

Tim Redaksi