PERINGATAN HARI ANAK NASIONAL TAHUN 2019

DISKOMINFO-MADINA. Bupati Mandailing Natal Drs. H. Dahlan Hasan Nasution beserta Bunda PAUD Mandailing Natal Ny. Ika Desika Dahlan Hasan Nasution melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kab. Mandailing Natal menghadiri dan membuka acara “Peringatan Hari Anak Nasional Kabupaten Mandailing Natal Tahun 2019” yang bertema “Peran Keluarga Dalam Perlindungan Anak”, yang berlangsung di Gedung Serba Guna Parbangunan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal. Kamis, 21/11/2019.

Acara tersebut juga dihadiri Ketua DPRD Mandailing Natal, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Mandailing Natal, Sekretaris Daerah Kab. Mandailing Natal, Para Asisten dan para Staf Ahli, Para Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Mandailing Natal, Camat se-Kabupaten Mandailing Natal, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kab. Mandailing Natal beserta anggota, Ibu-ibu anggota Tim Penggerak PKK, Ibu Ketua Bhayangkari beserta anggota, Ibu PERSIT Chandra Kirana beserta rombongan, Ibu Ketua Adhyaksa Dharma Karini, Ibu Ketua Dharma Yukti Karini Cab. Mandailing Natal, Ketua PGRI, Ibu Ketua Ikatan Guru TK Kab. Mandailing Natal, Ibu Ketua Himpunan PAUD, Para Pendidik PAUD/TK dan SD se-Kabupaten Mandailing Natal.

Dalam sambutannya, Bupati Mandailing Natal menyampaikan bahwa Peringatan Hari Anak Nasional dimaknai sebagai kepedulian seluruh Bangsa Indonesia terhadap perlindungan anak Indonesia, melalui peringatan Hari Anak Nasional diharapkan Pemerintah dengan seluruh lapisan masyarakat dapat bersama-sama berpartisipasi secara aktif untuk meningkatkan kepedulian dalam menghormati, menghargai dan menjamin hak-hak anak tanpa diskriminasi serta memastikan segala hal yang terbaik untuk anak dalam masa pertumbuhan dan perkembangan anak khususnya di Mandailing Natal yang berjumlah 147.830 pada tahun 2019. Keluargalah yang mempunyai peran penting untuk melindungi anak dengan memberikan pola asuh yang sesuai dengan prinsip yang digunakan dalam Pembangunan Anak Indonesia, yaitu Konvensi Hak Anak (KHA). Beliau berharap Anak-anak sekalian tumbuh menjadi anak yang bertaqwa dan berbudi pekerti yang luhur.

Ny. Ika Desika Dahlan Hasan Nasution sebagai Bunda PAUD Mandailing Natal dalam sambutannya berpesan kepada orang tua senantiasa membuka komunikasi dengan anak sebaik-baiknya. Beliau menyampaikan bahwa anak merupakan potensi dan penerus cita-cita perjuangan bangsa yang memiliki peran strategis.
Bunda PAUD Mandailing Natal meminta Bunda PAUD Tingkat Kecamatan hingga Desa untuk mengawal pendidikan anak dan mengupayakan penanggulangan stunting. Seribu pertama kehidupan seorang anak harus mendapatkan asupan gizi yang tepat untuk mencegah stunting dan pendidikan karakter, sebab diseribu hari pertama kehidupan seorang anak inilah karakter terbangun.