Penetapan Predikat 30 Koperasi Simpan Pinjam di Mandailing Natal

Penetapan Predikat 30 Koperasi Simpan Pinjam di Mandailing NatalMADINA – Sebanyak 30 koperasi simpan pinjam/ unit simpan pinjam (KSP/ USP) yang ada di Kabupaten Madina mendapat penetapan predikat tingkat kesehatan dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, UKM dan Pasar setempat.

Penetapan predikat ini bertujuan untuk memberikan pedoman kepada pejabat penilai, gerakan koperasi dan masyarakat agar KSP dan USP koperasi dapat melakukan kegiatan usaha simpan pinjam berdasarkan prinsip koperasi secara profesional.

“Sesuai dengan prinsip kehati-hatian & kesehatan, sehingga dapat meningkatkan kepercayaan dan memberi manfaat yang sebesar-besarnya kepada anggota dan masyarakat sekitar,” kata Kabid Koperasi Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, UKM dan Pasar Pemkab Madina Edi Hamzah Putra kepada wartawan, Rabu (5/10).

Dikatakan Edi, dalam lingkup penilaiannya mencakup aspek permodalan, aspek kualitas aktiva produktif, manajemen, efesiensi, likuiditas, kemandirian dan pertumbuhan serta jati diri koperasi. Sedangkan untuk penetapan kesehatan koperasi dibagi dalam lima golongan yakni, sehat, cukup sehat, kurang sehat, tidak sehat dan sangat tidak sehat.

“Penilaian kesehatan koperasi yang kita laksanakan sejak bulan Juli hingga September ini, yang mendapat predikat sehat ada sebanyak enam koperasi. Yakni, Koperasi Pengayoman pegawai departemen kehakiman, Ksp Insan Mandili, Usp pengayoman, Usp Kopwan Namora, Usp Kopwan Serumpun dan Ksp Wahana Abadi, ” sebutnya. Dalam rangka memperluas kesempatan berusaha bagi masyarakat untuk kegiatan produktif. (ant/int)

Sumber: metrotabagsel.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.