Pembukaan Acara Latihan Pengelola Program dan Penyuluh (LP3) PKK Kab. Madina Tahun 2019

Diskominfo – Madina. Pelatihan pengelola dan program penyuluh LP3 PKK merupakan bagian strategis dari kegiatan PKK karena pelatihan merupakan wadah menempa ilmu pengetahuan dan berbagai informasi terkait gerakan PKK yang terus menerus mengalami perubahan. Latihan pengelola program dan penyuluh (LP3) PKK adalah suatu upaya strategi menempa ilmu dan berbagai informasi terkait gerakan PKK yang terus menerus mengalami perubahan dan sebagai wadah kesiapan anggota PKK untuk memberhasilkan gerakan PKK.

Pemahaman tim penggerak PKK terhadap program PKK merupakan faktor utama dan mendasar karena didalam melaksanakan 10 program PKK selalu memanfaatkan potensi wilayah seperti lingkungan, sumber daya alam, sumber daya manusia dan prasarana yang ada. Pelaksanaannya senantiasa mengikutsertakan masyarakat secara aktif mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, pengendalian dan pemeliharaan serta pengembangan hasilnya. Dalam pelaksanaan kegiatan program PKK beberapa hal yang harus diperhatihan seperti:

  1. Ada kejelasan tujuan kegiatan yang dicapai
  2. Ada kegiatan yang diambil, dipilih atau ditetapkan untuk mencapai tujuan
  3. Ada aturan yang harus dipegang dan prosedur yang harus dilalui
  4. Ada perkiraan anggaran yang dibutuhkan
  5. Ada strategi dan langkah-langkah pelaksanaannya
  6. Ada evaluasi dan tindak lanjut

Pembukaan acara latihan pengelola program dan penyuluh (LP3) PKK Kabupaten Mandailing Natal tahun 2019 di laksanakan di Hotel Rindang, Jalan Trans Sumatera Bukittinggi – Padang Sidempuan, Parbangunan, Panyabungan. Jum’at (12/12/2019)

Acara pelatihan pengelola program dan penyuluh PKK Kabupaten Mandailing Natal tahun 2019 dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kab. Mandailing Natal Gozali Pulungan, SH, MM dan dihadiri Ketua TP PKK Kabupaten Mandailing Natal, Ny. Ika Desika Dahlan Hasan Nasution, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Mandailing Natal, Dra. Hj. Nur Amali Nasution, Pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal, Para Camat se-Kabupaten Mandailing Natal, Ibu-ibu anggota TP PKK dan narasumber dari provinsi Sumatera Utara, Wakil Sekretaris TP PKK Provinsi Sumatera Utara, Drs. Rukhyat dan Dosen Fakltas Psikologi Universitas Medan Area, Fadli Nugraha.

Dalam kesempatan itu Sekretaris Daerah Kab. Mandailing Natal Gozali Pulungan, SH, MM dalam sambutannya mengatakan “Apresiasi kepada seluruh jajaran tim penggerak PKK, sebagai mitra kerja pemerintah yang telah ikut berperan dalam peningkatan kualitas hidup keluarga dan masyarakat di Kabupaten Mandailing Natal, Kenyataannya program pembangunan saat ini senantiasa akan dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah yang juga bersifat dinamis, karena dinamika pembangunan di semua bidang sangat cepat berubah, demikian juga dengan kebijakan PKK. Perubahan dan perkembnagan memerlukan percepatan peningkatan kualitas pengetahuan dan kemampuan SDM anggota PKK.”

“Pembangunan Kabupaten Mandailing Natal bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pendidikan, kesehatan, ekonomi, lingkungan serta kegiatan pembangunan sarana dan prasarana lainnya, memerlukan peran serta semua elemen diantaranya PKK. oleh karena itu pemerintah terus memberikan perhatian dan mendorong gerakan PKK dan kelembagaan lainnya agar dapat berkembang dan melaksanakan tugas pokoknya dan bersama sama pemerintah memberhasilkan pembangunan keluarga dan masyarakat Mandailing Natal, untuk itu PKK dalam melaksanakan tugas dna fungsinya terus membangun dan mengembangkan kerjasama dengan OPD maupun lembaga kemasyarakatan” ujar Sekretaris Daerah Kab. Mandailing Natal Gozali Pulungan, SH, MM

Ketua TP PKK Kabupaten Mandailing Natal, Ny. Ika Desika Dahlan Hasan Nasution menyebutkan “Pertemuan ini digelar untuk melanjutkan dan melaksanakan bagian dari program kerja peningkatan kapasitas sumber daya pengelola gerakan PKK di Kabupaten Mandailing Natal yaitu Latihan Pengelola Program dan Penyuluh PKK. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkkan pengetahuan dan keterampilan tim penggerak PKK dalam melaksanakan tugas dan fungsinya di lapangan, dengan terselenggaranya LP3 PKK ini diharapkan dapat menghasilkan para pengelola program dan penyuluh handal sebagai kader khusus PKK yang dapat menjadi motor penggerak PKK di seluruh tingkatan”.

Tim Redaksi