Pekan Pendidikan dan Pementasan Gerakan Seniman Masuk Sekolah Kab. Mandailing Natal

Diskominfo – Madina. Bupati Mandailing Natal Drs. H. Dahlan Hasan Nasution diwakili oleh Sekretaris Daerah Kab. Mandailing Natal Gozali Pulungan, SH, MM resmi membuka acara Pekan Pendidikan Kabupaten Mandailing Natal dan Pementasan Gerakan Seniman Masuk Sekolah tahun 2019, acara ini terlaksana melalui Dinas Pendidikan Kab. Mandailing Natal, yang berlangsung selama 3 hari pada Rabu 4/12/2019 sampai Jum’at 6/12/2019.

Dalam acara ini turut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kab. Mandailing Natal, Jamila, SH, Ketua Pengadilan Agama Panyabungan Yunadi, S.Ag, Kepala OPD di lingkungan Pemkab Mandailing Natal, Forkopimda, Budayawan dan Seniman, Dinas/Instansi terkait, Akademisi dan Organisasi Pengembangan Pelestarian Adat Budaya Mandailing Natal.

Bupati Mandailing Natal melalui Sekretaris Daerah Kab. Mandailing Natal menyampaikan “Peningkatan kwalitas dan mutu pendidikan serta kemajuan kebudayaan di Mandailing Natal merupakan salah satu misi pembangunan kita dalam mewujudkan pencapaian standard pendidikan yang mengacu pada persaingan global yang kompoten dan kompetitif, pembangunan kebudayaan Mandailing Natal juga tidak kalah penting bagi masyarakat kita khususnya kepada siswa mencetak karakter yang berbudi pekerti, tentunya dalam rangka pemajuan kebudayaan daerah Mandailing Natal harus menjadi tanggung jawab kita semua”.

Pekan Pendidikan Mandailing Natal resmi ditutup oleh Bupati Mandailing Natal yang diwakili oleh Asisten I Bagian Pemerintahan dan Kesejahteraan Rkyat, Alamul Haq Daulay, SH. Dalam sambutannya mengatakan “Kepada para seniman kita yang sudah menunjukkan hasil karyanya dengan mengajarkan seni kepada siswa sekolah, atas nama Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal mengucapkan terimakasih, teruslah berkarya, bangun dan hidupkan kembali seni-seni budaya lokal yang telah lama terpendam sehingga dapat membangun kecintaan anak-anak kita terhadap seni budaya daerahnya sendiri dan dapat menghalau pengaruh budaya luar yang masuk ke wilayah Mandailing Natal ini”

Pekan pendidikan ini diakhiri dengan pengumuman dan penyerahan hadiah bagi pemenang, berikut ini pemenang loba pekan pendidikan:

Lomba Tari Kreasi tingkat Sekolah Dasar:

  1. Juara I : SD N 201 Botung
  2. Juara II : SD N 208 Huta Pungkut
  3. Juara III : SD N 215 Tamiang

Lomba Tari Kreasi tingkat Sekolah Menengah Pertama:

  1. Juara I : SMP N 1 Natal
  2. Juara II : SMP N 1 Muarasoma
  3. Juara III : SMP N 4 Kotanopan

Lomba Gordang Sambilan:

  1. Juara I : SD N Tarlola
  2. Juara II : SD N 193 Kotanopan
  3. Juara III : SD N 120 Hutabargot

Lomba Kreasi Stand Korwil:

  1. Juara I : Korwil IX Muara Sipongi
  2. Juara II : Korwil VIII Kotanopan
  3. Juara III : Korwil I

Tim Redaksi