Pekan Budaya Daerah Kab. Madina

Diskominfo – Madina. Bupati Mandailing Natal Drs. H. Dahlan Hasan Nasution menghadiri acara “Penyusunn Pokok-pokok Pikiran Kebudayaan Pekan Budaya Daerah Kabupaten Mandailing Natal dan Launching Bindu Ornamen Mandailing Natal” yang berlangsung di Gedung Serba Guna Parbangunan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal. Senin, 18/11/2019.

Acara tersebut juga dihadiri Budayawan dan Seniman, Alim Ulama, Para Ketua Adat, Kepala OPD di lingkungan Kab. Mandailing Natal, Akademisi, Organisasi Pengembangan Pelestarian Adat Budaya Mandailing Natal dan Para undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Mandailing Natal menyampaikan bahwa Pemajuan Kebudayaan Daerah Mandailing Natal dan yang sering kita dengung-dengungkan bahwa Mandailing Natal sebagai Bumi Gordang Sambilan Negeri Beradat taat Beribadah menuju Madina yang Madani harus menjadi tanggung jawab kita bersama dari seluruh elemen masyarakat Mandailing Natal.

Mandailing Natal memiliki Seni Budaya yakni Perkusi Gordang Sambilan yang sudah dikenal baik secara Nasional maupun Internasional bahkan memperoleh Rekor MURI tingkat Internasional tentunya dalam hal berbicara sejarah dan standar Gordang Sambilan kita harus menyatukan persepsi dan harus kita pahami sebagaimana hasil Rapat “Kerapatan Adat” pada tanggal 14 September 2019.

Bupati Mandailing Natal berharap Bindu Ornamen Mandailing Natal bisa menjadi Pemersatu dan Warna Adat Budaya Mandailing Natal yang menggambarkan Bangsa yang Berbudaya Tinggi.

Dalam kesempatan ini, Bupati Mandailing Natal menghimbau untuk:

  1. Mengganti Ornamen dengan Bindu Ornamen yang telah di launching.
  2. Bindu Ornamen pada Bagas-bagas Godang tetap dilestarikan sebagai kekayaan khasanah budaya Mandailing Natal.
  3. Penyertaan Aksara Mandailing (Surat Tulak-Tulak) pada papan-papan merek Perkantoran mulai dari Desa sampai Ibu Kota Kabupaten.

Tim Redaksi