PAGELARAN SENI BUDAYA MANDAILING NATAL MERIAHKAN SEMARAK HUT MANDAILING NATAL KE-22

Panyabungan | Bertempat di Gedung Serba Guna, Desa Parbangunan, Kecamatan Panyabungan, Bupati Mandailing Natal, Drs. H. Dahlan Hasan Nasution secara resmi membuka Pagelaran Seni Budaya Mandailing Natal, Rabu (10/3/2021). Pagelaran Seni Budaya Mandailing Natal yang diprakarsai oleh Dinas Parawisata Kab. Mandailing Natal bersama Dinas Pendidikan Kab. Mandailing Natal ini tetap menerapkan protokol kesehatan seperti mengecek suhu tubuh peserta dan undangan yang hadir, tetap memakai masker, dan menjaga jarak.

Tampak hadir dalam Pagelaran Seni Budaya Mandailing Natal tersebut, selain Bupati Mandailing Natal, juga di hadiri oleh Ketua DPRD Madina Erwin Efendi Lubis, Wakil Ketua DPRD, Ketua TP PKK Madina Ny Ika Desika Dahlan Hasan Nasution, epala Dinas Parawisata Kab. Mandailing Natal, Ahmad Yasir Lubis, SP, Kepala Dinas Pendidikan Kab. Mandailing Natal, Drs. Gong Matua Nasution, Pimpinan OPD yang terkait, dan beberapa unsur pemerhati seni budaya.

Kepala Dinas Parawisata Kab. Mandailing Natal, Ahmad Yasir Lubis, SP., dalam laporan panitia yang disampaikan mengatakan Pagelaran Seni Budaya Mandailing Natal ini dilaksanakan dalam rangka menyemarakkan HUT Mandailing Natal ke 22 dan untuk menghidupkan serta mengembangkan seni budaya.

“Pagelaran seni budaya ini selain dalam rangka HUT Madina yang ke-22 juga akan menginspirasi generasi muda untuk menghidupkan kembali seni budaya di Mandailing Natal dengan mengsingkroniasikan dengan parwisata,”ucapnya

Peserta acara pegalaran ini berasal perwakilan setiap kecamatan tingkat Sd, SMP, SMA. Yang akan menampilkan seperti tarian, gordang sambilam, monolok/drama, puisi. Pagelaran Seni Budaya Mandailing Natal ini juga dapat disaksikan secara live streaming melalui chanel youtube Dinas Parawisata, yang didukung secara teknis oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Mandailing Natal.

Selanjutnya Ahmad Yasir Lubis, SP., mengatakan tujuan dari Pagelaran Seni Budaya Mandailing Natal ini untuk menghidupkan seni budaya dan akan ada di setiap pariwisata yang bisa menjadi nilai ekonomi.
“Seni budaya ini akan hadir di lokasi lokasi objek wisata, hal ini akan menjadi daya tarik pada setiap objek wisata. Sehingga bagi pelaku seni budaya akan bisa menjadi nilai ekonomi atau kemasukan sekaligus bisa melestarikan seni budaya Mandailing Natal.

Bupati Mandailing Natal, Drs. H. Dahlan Hasan Nasution dalam sambutanya menyampaikan pesan bahwa pemanfaatan dan promosi seni budaya secara bagus dan maksimal akan berpengaruh secara signifikan terhadap pendidikan karakter bermuatan lokal juga akan bisa bernilai ekonomi.

“Selain untuk menanamkan kembali adat budaya kepada generasi muda, adat budaya ini juga bisa menghasilkan uang sebagai penopang ekonomi dengan menampilkan seni budaya di setiap tempat parawisata yang ada di Kab. Mandailing Natal ini,” Ujar Bupati yang terpilih pada pilkada yang lalu.

“Dengan kegiatan-kegaiatan pementasan dan pagelaran Seni Budaya ini kita harus mengembalikan pesona dan eksotidme Mandailing ke Mandailing dulu, yang terkenal dengan agama, dan adat Budaya,” Ujar Bupati Mandailing Natal menutup sambutannya.