Pekerjaan Pembangunan Fasilitas Pelabuhan Madina

Pekerjaan-Pembangunan-Fasilitas-Pelabuhan-Mandailing-NatalPanyabungan – Lanjutan pekerjaan pembangunan fasilitas pelabuhan Mandailing Natal Tahun Anggaran 2016 masih berlangsung untuk pembuatan terstle (jembatan) sepanjang 390 meter sebagai tambahan dari terstle yang sudah ada sepanjang 125 meter.

“Dimana kelanjutan pekerjaan sesuai dengan Kontrak Nomor: PL.106/1/1/UPP.Skr.15 tanggal 03 Agustus 2015 sebesar 51.212.858.000 Rupiah dengan kemajuan fisik pekerjaan sebesar 60 Persen berikut foto terlampir kata Kadishub Madina Harlan Batubara SH di Panyabungan Jumat.

Sementara Satker pelaksana Kakan Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Sikara-kara Natal R P Gultom mengatakan dengan selesainya pekerjaan ini pelabuhan Palimbungan sudah bisa disandari kapal berbobot 10.000 ton, meskipun fasilitas sisi darat belum selesai, namun secara tehnis untuk sisi laut sudah layak disandari kapal.

Sebagai lanjutan pada tahap berikutnya adalah pekerjaan pembuatan dermaga pada bagian ujung dan pembuatan fasilitas sisi darat yang meliputi bagian kantor, gudang, tempat parkir dan lainnya jelas R P Gultom yang juga selaku perpanjangan tangan Dirjen Hubla Kementerian Perhubungan RI.

Meskipun demikian diharapkan agar instansi terkait dapat mengikuti perkembangan kemajuan pembangunan pelabuhan untuk keperluan lainnya, seperti akses jalan masuk, pasokan PLN serta air bersih tambahnya.

Pelabuhan yang direncanakan selesai pada tahun 2017 maka pengangkutan CPO sangat menguntungkan jika digunakan melalui pelabuhan palimbungan dengan perbandingan misalnya 1 (satu) truk tangki CPO muatan 30 ton baru sampai menuju Medan dengan lama perjalanan sekitar 30 jam dari Pantai Barat Mandailing Natal.

Dengan berfungsinya pelabuhan maka dengan lama perjalanan yang sama sudah bisa dibawa untuk Ekspor CPO ke Luar Negeri seperti India, Hongkong dengan muatan kapal 10 Ribu ton atau 15 Ribu ton.

Demikian juga dengan peluang yang lain seperti penyediaan solar industri yang selama ini didatangkan dari depot Pertamina Sibolga terbuka peluang untuk disediakan di pelabuhan Palimbungan,

Adapun Sisi positif Pelabuhan Palimbungan sangat mendukung bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat, penyediaan lapangan kerja dan mensejajarkan Kabupaten Mandailing Natal dengan Kabupaten Kota lainnya, panjang pantai yang dimiliki yaitu 172 KM telah memiliki pintu gerbang dari laut melalui pelabuhan.

Sumber: antarasumut.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.