Lampung Jadi Tuan Rumah AICIS 2016

Lampung Jadi Tuan Rumah Konfrensi Islam Tingkat Internasional 2Provinsi Lampung berkesempatan menjadi tuan rumah Annual International Conference On Islamic Studies (AICIS) ke-16 tahun 2016. Kegiatan ini dipusatkan di Institut Agama Islam Raden Intan Lampung.

Konferensi tingkat internasional itu diselenggarakan selama empat hari, dari tanggal 1 hingga 4 November 2016 mendatang. Tempat penyelenggaraan The 16th AICIS 2016 berfokus di area Kampus IAIN Raden Intan Lampung. Serta Seremoni Pembukaan AICIS 2016 direncanakan digelar di Ballroom Hotel Novotel Bandarlampung atau Hotel The 7th Bandarlampung

“Penunjukan IAIN Raden Intan Lampung sebagai penyelenggara AICIS dikarenakan Provinsi Lampung sebagai daerah yang mayoritas penduduknya beragama Islam, merupakan simbol kehidupan multikultural, multietnis dan multireligius,” kata Rektor IAIN Raden Intan Lampung Prof Dr H Moh. Mukri MAg.

Rektor Mukri menyebutkan, Lampung memiliki kekayaan tradisi, nilai-nilai adat dan spritual, serta budaya dan destinasi pariwisata. Keragaman agama, budaya dan suku yang mampu hidup berdampingan dengan damai, harmoni dan toleran di daerah Lampung ini dapat menjadi salah satu modal dan contoh aktual Islam Indonesia yang layak dipromosikan untuk turut membangun peradaban dunia yang plural, damai dan harmoni.

Tujuan dilaksanakan penyelenggaraan AICIS 2016 yakni mempertemukan para ilmuan muslim dan pengkaji keislaman multikeahlian dari berbagai belahan dunia dan wilayah di Indonesia dalam forum yang membahas dan merumuskan kontribusi Islam Indonesia terhadap peradaban.

Konferensi itu juga menunjukkan keunggulan-keunggulan Islam Indonesia ke pentas peradaban dunia sebagai modal dalam membangun hubungan yang harmoni, toleran, damai, demokratis dan dinamis, di tengah konflik kehidupan umat manusia yang multireligius, etnis dan kultural.

Tujuan lainnya dalah mempromosikan kekayaan dan keunikan Islam lokal di Indonesia, terutama daerah Lampung, dalam membangun bingkai mozaik Islam Indonesia yang damai, harmoni, dan toleran.

AICIS 2016 akan mengundang para pakar dari berbagai lembaga dalam dan luar negeri. Gubernur Lampung Ridho Ficardo juga memastikan bahwa sebagai tuan rumah tentu Pemprov Lampung akan bantu maksimal untuk membeckup IAIN Raden Intan, momen ini harus kita manfaatkan untuk juga memperkenalkan destinasi wisata Lampung kepada utusan/delegasi dari Dalam maupun Luar Negeri. Termasuk kita akan pamerkan produk-produk kerajinan lokal, makanan khas Provinsi Lampung, serta tagline Lampung yang baru yakni Lampung the Treasure of Sumatra. (RA)

Sumber: lampungprov.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.