Kemkominfo Tutup 22 Situs Musik Ilegal

Kemkominfo Tutup 22 Situs Musik IlegalJakarta, Kominfo – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menutup hak akses 22 situs yang melanggar hak cipta atas karya film. “Kemkominfo telah meminta para penyelenggara jasa internet untuk melakukan pemblokiran terhadap 22 situs tersebut, pada Kamis(12/11) lalu. Pemblokiran ini diharapkan dapat segera dilakukan semua pihak penyelenggara jasa internet untuk menghindari kerugian yang lebih besar,”kata Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo Ismail Cawidu di Jakarta, Senin (23/11).

Menurut Ismail Cawidu, penutupan 22 situs musik ilegal ini merupakan tindaklanjut dari permintaan Kementerian Hukum dan HAM melalui Surat Nomor Konten HK1.7.HM.O1.O5-264 tertanggal 15 Oktober 2015 tentang rekomendasi penutupan Konten dan/atau Hak Akses Pengguna Pelanggaran Hak Cipta berdasarkan pengaduan dari Asoiasi Industri Rekaman Indonesia (ASIRI).

Secara rinci 22 situs musik ilegal tersebut antara lain: laguhit.com, mp3days.net, weblagu.com, wapkalagu.com, iozmusik.com, lagu.in, carilagu.net, bursalagu.com, beemp3s.org, arenalagu.com, saranmu.com, tubidy.I’m, stafaband.info, memomp3.com, zinzhu.com, mp3take.com, kumpulbagi.com, onlagump3.info, newlagump3.com, targetlagu.com, musik-corner.info, dan musicxplore.com.

Data ASIRI menyebutkan, yang mengakses di 22 situs ilegal tersebut mencapai 430ribu perbulan. Apabila satu mengakses mengunduh satu lagu saja, dengan asumsi satu lagu Rp7000, maka kerugian diperkirakan mencapai Rp66 miliar sebulan sehingga potensi pendapatan negara dari pajak yang hilang mencapai Rp6,6 miliar perbulan.

Kemkominfo menghibau pengguna internet dapat menggunakan situs-situs musik yang legal untuk mengakses lagu-lagu secara legal antara, langitmusik, arena musik, melodi online, guvera, Joox dan Volup.

Sumber: kominfo.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.