KEGIATAN PEMBINAAN KESATUAN GERAK PKK KB KESEHATAN DI DESA TANGGA BOSI III KECAMATAN SIABU

 

Ketua TP PKK Kab.Mandailing Natal Ny. Ika Desika Dahlan Hasan Nasution didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Muhammad Ikbal, S.Psi, Camat Siabu, Edi Sahlan, dan anggota TP. PKK Kab. Mandailing Natal, TP. PKK Kecamatan dan TP. PKK Desa dalam kegiatan Pembinaan Kesatuan Gerak PKK KB di Desa Tangga Bosi III, Kec. Siabu, Kabupaten Mandailing Natal. (26/06/2019)

 

Diskominfo – Madina.  Kegiatan kesatuan gerak PKK KB Kesehatan dilaksanakan dalam rangka memperingati hari lahirnya PKK yang diperingati setiap tanggal 4 Maret dan Hari Keluarga tanggal 29 Juni setiap tahunnya, dengan tujuan untuk membina dan menumbuhkembangkan kemmapuan dan keterampilan anggota TP PKK, Kader  PKK dan Kelompok dasawisma dalam meningkatkan berbagai kegiatan sektor pembangunan, khusunya di bidang Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Kesehatan. Upaya pemberdayaan keluarga ini dilaksanakan secara terapdu dan terintegrasi lintas  sektor  terkait.

Tim penggerak PKK merupakan sebagai salah satu  lembaga kemasyarakatan berada di setiap jenjang pemerintahan sampai ke desa dan kempok dasawisma, yang memiliki peran menggerakkan dan mendorong sikap dan perilaku keluarga dan masyarakat supaya ikut serta dalam berbagai kegiatan seperti Pelayanan KB, Lingkungan Bersih dan Sehat, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (B2SA), Mengaktifkan Pelayanan Posyandu, Paud, terintegrasi dan bentuk kegiatan lainnya yang mendukung peningkatan pendidikan, kesehatan keluarga  dan masyarakat.

Hadir dalam acara tersebut diantaranya adalah Ketua TP PKK Kab.Mandailing Natal Ny. Ika Desika Dahlan Hasan Nasution, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Muhammad Ikbal, S.Psi, Camat Siabu, Edi Sahlan, Kepala Desa Tangga Bosi III, Sofyan Batubara, Ibu-ibu anggota tim penggerak PKK Kab. Mandailing Natal, Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan dan Ibu ketua Tim Penggerak PKK Desa.

Hasil rapat kerja nasional PKK dan hasil rapat konsultasi Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Utara, Desa Binaan PKK, Pelaksana Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan beralokasi di Desa kampung KB yang telah ditetapkan dan dicanangkan oleh Pemerintah dan merupakan binaan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.

Dalam kesempatan tersebut Ketua TP PKK Kab.Mandailing Natal, Ny. Ika Desika Dahlan Hasan Nasution menyebutkan, “Dengan ditetapkannya Desa Binaan ini akan membawa perbaikan kualitas hidup keluarga dan masyarakat ke arah yang lebih baik sehingga terwujud kemandirian keluarga dalam rangka mencapai kesejahteraan. Selain daripada itu membangun komunikasi antar Ibu-ibu PKK Desa, Para Kader, Tokoh masyarakat, Naposo Nauli Bulung dengan OPD Teknis sehingga pembinaan tercapai dengan maksimal”.

Tim Penggerak PKK Kab. Mandailing Natal bersama OPD dan Tim Penggerak PKK Kecamatan melaksanakan pembinaan secara kontinyu dan lebih maksimal dalam kunjungan tim monitoring provinsi pada bulan juli 2019 ini.

 

Ketua TP PKK Kab.Mandailing Natal Ny. Ika Desika Dahlan Hasan Nasution memberikan arahan dalam kegiatan Pembinaan Kesatuan Gerak PKK KB di Desa Tangga Bosi III, Kec. Siabu, Kabupaten Mandailing Natal. (26/06/2019)

 

“Dukungan dan partisipasi semua pihak seperti, Dinas terkait teknis supaya melaksanakan pembinaan sesuai bidang tugasnya, Bapak Kepala Desa, Tokoh masyarakat dan Camat bersama masyarakat memberikan dukungan dalam melaksanakan gotong royong, kebersihan lingkungan seperti pemagaran pekarangan dan menanam berbagai tanaman yaitu tanaman sayur dan tanaman obat, Tim Penggerak PKK Desa supaya mendalami tugas pokok dan fungsi PKK, membentuk kelembagaan PKK Desa dalam memahami dan membenahi administrasi PKK Desa dan administrasi kelompok dasawisma ujar Ketua TP PKK Kab.Mandailing Natal, Ny. Ika Desika Dahlan Hasan Nasution.

 

 

Tim Redaksi