KECAMATAN BATANG NATAL JUARA UMUM DI FESTIVAL PANGAN LOKAL B2SA TINGKAT KABUPATEN MANDAILING NATAL TAHUN 2019

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Mandailing Natal,  Ny. Ika Desika Dahlan Hasan Nasution, Ibu Camat Batang Natal, Anggota Tim Penggerak PKK Kabupaten Mandailing Natal. Dinas Ketahanan Pangan. Senin (29/07/2019)

Diskominfo – Madina. Pangan adalah segala sesuatu yang berasal dari sumber hayati dan air, baik yang diolah maupun yang tidak diolah yang diperuntukkan bisa dikonsumsi manusia, termasuk bahan tambahan pangan dan bahan lainnya yang digunakan dalam proses penyiapan, pengolahan dan pembuatan makanan dan minuman. Pangan beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) adalah aneka bahan pangan baik sumber karbohidrat, protein maupun vitamin dan mineral.

Kegiatan festival pangan lokal B2SA tingkat Kabupaten Mandailing Natal tahun 2019 ini dilaksanakan di Dinas Ketahanan Pangan, Komplek Perkantoran Payaloting, Panyabungan. Senin (29/07/2019).  Peserta kegiatan ini seluruh Kecamatan di Kabupaten Mandailing Natal. Jenis kegiatannya yaitu lomba cipta menu beragam, bergizi seimbang dan aman yaitu berbagai sajian kreasi makanan non beras dan terigu disajikan  dalam bentuk “Lunch Box“., Tujuan dari festival kegiatan ini “agar setiap individu, khususnya Ibu Rumah Tangga, yang bertanggungjawab dalam menentukan dan menyediakan menu keluarga dapat menyajikan menu B2SA yaitu beragam, bergizi, seimbang dan aman, juga dimaksudkan agar Ibu Rumah Tangga dapat menyajikan pilihan menu yang dapat diaplikasikan”.

Kegiatan festival pangan lokal B2SA tingkat Kabupaten Mandailing Natal tahun 2019 ini dibuka oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Mandailing Natal,  Ny. Ika Desika Dahlan Hasan Nasution, dalam sambutannya ” Kegiatan festival ini merupakan salah satu upaya pemerintahan Kabupaten Mandailing Natal melalui Dinas Ketahanan Pangan untuk mendukung diversifikasi konsumsi pangan secara rutin melaksanakan perlombaaan cipta menu beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA bersumber daya lokal yang bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten, diharapkan  tidak berhenti hanya pada saat lomba saja, namun dapat ditindak lanjut dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat khususnya peserta dapat berkreasi menciptakan atau mengembangkan resep yang beragam, bergizi, seimbang dan aman serta dapat diterapkan sebagai menu keluarga sehari-hari” ujarnya. Senin (29/07/2019)

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Mandailing Natal,  Ny. Ika Desika Dahlan Hasan Nasution sedang memberikan kata sambutan sekaligus membuka festival pangan lokal B2SA tingkat Kabupaten Mandailing Natal tahun 2019.  Dinas Ketahanan Pangan. Senin (29/07/2019)

Utusan dari Kecamatan Batang Natal menjadi juara umum dari perlombaan pangan lokal B2SA tingkat Kabupaten Mandailing Natal tahun 2019 yaitu cipta menu beragam, bergizi seimbang dan aman yaitu berbagai sajian kreasi makanan non beras dan terigu disajikan  dalam bentuk “Lunch Box” dengan mengutamakan keseimbangan menu, kreasi, penataan serta citarasanya. Utusan dari Kecamatan Batang Natal yang dihadiri oleh Camat Batang Natal, Ali Sahbana, Ibu Camat dan perwakilan dari Kecamatan Batang Natal . Kecamatan Batang Natal nantinya akan menjadi perwakilan Kabupaten Mandailing Natal pada Festival Pangan B2SA di tingkat Provinsi Sumatera Utara pada hari Pangan Sedunia di Medan.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Mandailing Natal,  Ny. Ika Desika Dahlan Hasan Nasution, menyerahkan hadaiah kepada Ibu Camat Batang Natal sebagai pemenang dari festival pangan lokal B2SA tingkat Kabupaten Mandailing Natal tahun 2019.  Dinas Ketahanan Pangan. Senin (29/07/2019)

 

Tim Redaksi