KAJARI MANDAILING NATAL LUNCURKAN LAYANAN PENGEMBALIAN BARANG BUKTI KEPADA PEMILIK DI PANYABUNGAN

Panyabungan – 16 April 2019. Kejaksaan Negeri (Kajari) Mandailing Natal melalui Seksi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang  Rampasan dan Sub Bagian Pembinaan meluncurkan Layanan Pengembalian Barang Bukti yang Telah Berkuatan Hukum Tetap kepada Pemilik atau yang Berhak Terhadap Barang Bukti Dimaksud Melalui Jasa pengiriman PT Pos Indonesia (Persero) langsung kepada pemilik atau yang berhak. layanan ini dilaksanakan berdasarkan perjanjian kerjasama antara kejaksaan negeri Mandailing Natal dengan PT Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Padangsidimpuan 22700 tentang Jasa Pengiriman Barang Bukti Yang Telah Berkuatan Hukum Tetap Dan Jasa Pengiriman Kiriman Surat, Dokumen Dan Barang yang ditandatangani bersama pada hari selasa, 16 April 2019 bertempat diruang kerja kepala kejaksaan negeri mandailing natal.

Pengembalian barang bukti dengan layanan ini akan memberikan kemudahan bagi masyarakat yang berkepentingan sehingga tidak harus datang ke kantor Kajari Mandailing Natal untuk mengambil barang barang bukti yang telah disidangkan dan telah berkekuatan hukum tetap. Namun melalui layanan yang bekerjasama dengan PT. Pos Indonesia (Persero) ini, maka pemilik dapat menerima barang bukti yang diperkarakan sesuai dengan alamatnya. Dengan demikian pengembalian barang bukti tersebut pastikan akan sampai kepada pemiliknya dan layanan ini tidak dipungut biaya apapun.

Kajari Mandailing Natal, melalui Kepala Seksi Pengelolaan Barang Bukti Dan Barang Rampasan Bapak Daniel Sitorus, SH., menjelaskan bahwa layanan ini merupakan inovasi baru untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat, sehingga proses penanganan barang bukti yang selama ini dilaksanakan memerlukan proses waktu yang agak lama, dan pengalokasian serta penyimpanan barang bukti yang membutuhkan tempat karena barang bukti yang telah selesai diperkarakan seringkali tidak diambil pemiliknya. Oleh karena itu dengan diluncurkannya invoasi layanan ini maka proses penyaluran dan pendistribusian barang-barang bukti yang telah selesai diperkarakan dan telah berkekuatan hukum tetap tidak perlu lagi disimpan di Kajari Mandailing Natal, melainkan akan langsung dikirim melaui Pos ke alamat masing-masing pemiliknya. Selanjutnya dengan jangkauan layanan PT. Pos Indonesia (Persero), pengiriman barang bukti baik sekala kecil maupun besar dapat dilakukan keseluruh wilayah di Kabupaten Mandailing Natal.

Dan mengingat tugas pokok dan fungsi sebagai leading sektor dalam Pengembangan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di wilayah Pemerintahan Kabupaten Mandailing Natal, maka Dinas komunikasi dan Informatika Kabupaten Mandailing Natal menyambut baik layanan dan inovasi dari Kajari Mandailing Natal terkait pengembalian barang bukti yang telah berkuatan hukum tetap dan berharap program ini dapat tersosialisasi dengan baik, sehingga masyarakat pemilik barang bukti tersebut dapat terlayani dengan baik.

 

Tim Redaksi