IKANAS cabang Labuhan Batu kunjungan ke Kabupaten Mandailing Natal Sebagai Tanah Leluhur Mandailing

Diskominfo Madina. Bupati Mandailing beserta pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menyambut kunjungan Keluarga besar Ikatan Keluarga Nasution (IKANAS) cabang Labuhan Batu, Sabtu (8/8/2020)

Rombongan tiba di Panyabungan menjelang shalat subuh dan langsung melaksanakan shalat subuh di masjid agung Nur ala Nur, Panyabungan, dilanjutkan dengan sarapan.

Dalam kunjungannya IKANAS mengunjungi beberapa situs sejarah marga Mandailing, seperti mengunjungi Bagas Godang Nasution di Panyabungan Tonga, lalu Bagas Godang Kotasiantar. Kemudian rombongan menuju rumah peninggalan Jenderal Besar Abdul Haris Nasution di Huta Pungkut Kotanopan.

Pada malam harinya, rombongan IKANAS dijamu Bupati Madina Drs Dahlan Hasan Nasution dengan pertunjukan seni budaya Mandailing bertempat di objek wisata Sampuraga. Disitu IKANAS Labuhan Batu bertukar cindera mata dengan Bupati Madina. Usai dari Sampuraga, rombongan dijamu di rumah dinas Bupati Madina di Desa Parbangunan Kecamatan Panyabungan.

Di rumah dinas, Bupati Madina Drs Dahlan Hasan Nasution menjamu rombongan dengan makanan buatan tangan Bupati yaitu lemang dikawinkan dengan selai durian.

Kemudian Bupati mengenalkan alat buatan tangannya sendiri yang diberi nama Tariyaq Fyruz atau penangkal berbagai macam virus. Alat ini punya manfaat menjaga imunitas tubuh bagi yang menggunakannya.

Ketua IKANAS cabang Labuhan Batu Drs H Sulhan Nafsan Nasution MM mengungkapkan rasa senangnya seharian berada di Kabupaten Madina. Setibanya di Madina rombongannya disambut Pemkab Madina

“Kami bahagia sekali berada di tanah leluhur kami. Tujuan kami ke Madina untuk mengunjungi kampung asal orang tua dan nenek moyang kami. Dan mengenalkan ke generasi kami bahwa Madina ini kampung leluhur kita,” kata Nafsan Nasution.

“Kami senang karena selama berada di sini pak Bupati memberikan pelayanan yang luar biasa. Kami juga mencoba alat penawar virus namanya Tariaq Fayrus buatan tangan pak Bupati,


“Kami juga disuguhi makanan yang enak sekali buatan pak Bupati juga, lemang pakai selai durian. Pak Bupati kita amat kreatif orangnya. Kami juga dibawa ke beberapa tempat wisata yang ditata Pemkab Madina seperti bukit Muhasabah dan Sampuraga, kami merasa di kampung sendiri dan dilindungi orang tua kami sendiri,” ungkapnya.

alat penawar virusI, Tariaq Fayrus buatan tangan Bupati Kab. Mandailing Natal,


Nafsan Nasution berulang kali memuji alat penawar virus Tariaq Fayrus ciptaan Bupati Madina itu. Karena, seharian dalam perjalanan membuat rombongan merasa letih.
“Kami tiba subuh, seharian kami mengunjungi banyak tempat, lelah sekali. Tapi pas di rumah dinas pak Bupati, kami semua mencoba alat Tariaq Fayrus. Hanya beberapa menit saja di dalamnya, habis itu tubuh terasa bugar dan segar kembali. Ini alat memang luar biasa,” kata Nafsan yang juga tenaga akademisi di salah satu perguruan tinggi di Labuhan Batu.


Sementara Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution menyampaikan kunjungan IKANAS tersebut suatu hal positif untuk mengenalkan Mandailing kepada generasi marga Nasution yang sudah banyak yang tidak mengenal asal muasal marga Nasution dari Mandailing.


“Marga Nasution itu dari Mandailing tapi banyak yang tidak pernah ke tanah leluhurnya. IKANAS Labuhan Batu membawa keluarga mereka semua, ini suatu hal yang amat baik mengenalkan asal muasal marga Nasution ke generasi muda kita,
“Kita bersyukur sekali pengurus IKANAS menyempatkan diri datang ke kampung asalnya. Tentu saja kita selaku yang tinggal di sini harus menjamu mereka dengan baik, karena mereka adalah saudara kita juga,” kata Dahlan Hasan.

TIM REDAKSI