Bupati Mandailing Natal lantik Gozali Pulungan, SH, MM jadi Sekda Mandailing Natal

Diskominfo – Madina. Bupati Mandailing Natal, Drs. H. Dahlan Hasan Nasution lantik hasil Pengisian Jabatan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah, Gozali Pulungan, SH, MM di Gedung Serbaguna Parbangunan, Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Selasa (01/10/2019)

Bupati Mandailing Natal, Drs. H. Dahlan Hasan Nasution saat memberikan kata sambutan. Gedung Serbaguna Parbangunan, Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Selasa (01/10/2019)


Acara pelantikan tersebut turut serta dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Mandailing Natal, Drs. Syahnan Batubara, MM, Para Asisten di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal, Staf Ahli di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal, Forkopimda, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal, Ketua TP-PKK Kabupaten Mandailing Natal, Ny. Ika Desika Dahlan Hasan Nasution, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Undangan lainnya.

Pengisian Jabatan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah ini adalah amanah UU no 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Daerah No 11 tahun 2017 tentang Manajem Pegawai Negeri Sipil
di dalam UU tersebut di jelaskan bahwa fungsi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di lakukan secara terbuka dan Kompetitif di kalangan PNS. Pada pasal 113 PP di no 11 tahun 2017 tentang Manajemen PNS di jelaskan bahwa pengisian JPT ini di lakukan melalui tahapan “Perencanaan, Pengumuman lowongan, Pelamaran, Seleksi, Pengumuman Hasil Seleksi dan Penetapan/Pengangkatan”.

Tujuan di lakukan seleksi secara terbuka dan kompetitif JPT Pratama Sekretaris Daerah ini adalah untuk terselenggaranya seleksi yang Transparan, Objektif, Kompetitif dan Akuntabel.

JPT Pratama Sekretaris Daerah ini berfungsi Memimpin dan Memotivasi setiap Pegawai ASN pada Instansi Pemerintah, Setiap Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama harus menjamin akuntabilitas jabatan meliputi “Tersusunnya rumusan alternatif kebijakan yang memberikan solusi, atercapainya hasil kerja unit yang selaras dengan tujuan Organisasi, Terwujudnya pengembangan strategis yang terintegrasi untuk mendukung pencapaian tujuan organisasi, Terwujudnya kapabilitas pada unit kerja untuk mencapai outcome Organisasi”.

Salah satu tugas Sekretaris Daerah berdasarkan pasal 213 ayat (2) UU no 23 tahun 2014 adalah untuk membantu Kepala Daerah dalam merumuskan Kebijakan dan Mengkoordinasikan Dinas dan Lembaga Tekhnis Daerah.

Dalam pelaksanaan tugas dan kewajibannya, Sekretaris daerah bertanggung jawab kepada kepala daerah. Sekretaris daerah dapat juga disebut jabatan paling puncak dalam pola karir PNS karena kedudukannya sebagai pembinaan PNS. Untuk menjelang menyelenggarakan tugas tersebut, sekretaris daerah mempunyai fungsi penyusunan kebijakan pemerintahan daerah, pengkoordinasian pengelolaan keuangan pemerintah daerah, pengkoordinasian pelaksanaan tugas dinas, lembaga teknis daerah dan lembaga teknis lainnya, penatausahaan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan pemerintah daerah, pembinaan administrasi dan aparatur pemerintah daerah, pelaksanaan tugas kedinasan lainnnya yang sesuai dengan bidang tugas dan fungsinya.

Tim Redaksi