PENGALIHAN LAHAN GANJA DI KEC.PANYABUNGAN TIMUR MENJADI KAWASAN PERHUTANAN SOSIAL

foto : Bupati Madina, Drs Dahlan Hasan Nasution saat rapat dengan Menteri LHK RI, Siti Nurbaya diruangan aula kementerian LHK RI di Jakarta, selasa (16/7).

Diskominfo Madina. Bupati Mandailing Natal, Drs. H. Dahlan Hasan Nasution bersama dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Republik Indonesia, Siti Nurbaya Bakar  bahas Program Pembangunan Perhutanan sosial di Kecamatan Panyabungan Timur Kabupaten Mandailing Natal Provinsi Sumatera Utara.

Rapat yang digelar diruangan kementerian LHK RI tersebut, dipimpin langsung Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya Bakar  membahas tentang  Program Perhutanan sosial yang ada di Kecamatan Panyabungan Timur,  selain bertujuan untuk mengalihkan tanaman ganja yang ada dibeberapa desa dikecamatan itu juga akan dijadikan sebagai lokasi pengembangan ternak sapi di kawasan hutan ( Mix Farming).

Usulan perhutanan sosial yang diajukan Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal akan segera ditindak lanjuti oleh Kementerian LHK. Dalam rapat tersebut juga diajukan revisi TORA (Tanah Objek Reforma Agraria) yang ada di kawasan hutan produksi yang dapat dikonversi pinjam pakai jalan yg melalui kawasan hutan menuju lokasi pengembangan kopi Mandailing.

Melihat kondisi kesuburan tanah dan ketinggian di atas 1.000 mdpl lokasi ini juga sangat cocok dijadikan sebagai pusat tanaman Kopi sebagai upaya pengembalian kejayaan Kopi Mandailing dan Minyak Atsiri (Serai Wangi) dan Nanas.

Perhutanan sosial dapat diyakini menjadikan masyrakat mendirikan bisnis  yang dapat menunjang kebutuhannya, Hal ini memberikan kesempatan kepada masyarakat  untuk terlibat sebagai  pengelolahan hutan agar masyarakat  dapat melestarikan  dan menjaga hutan.

Bupati Madina, Drs. H. Dahlan Nasution bersama SKPD foto bersama dengan Menteri LHK, Siti Nurbaya usai rapat program pembangunan kehutanan sosial di Jakarta, Selasa, 16/7.

Dalam rapat turut juga dihadiri Dirjen Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan, Dirjen Konservasi Sumber Daya alam dan Ekosistem, Dirjen Planologi dan Tata Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kadis Pekerjaan Umum Penataan Ruang Madina, Syahruddin Lubis, Kadis Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu, Parlin Lubis, Kadis Pertanahan, Ahmad Faizal, Kadis Pertanian, Taufik Zulhandra Ritonga, Lin Che Wei (Plicy Advisor Menko Perekonomian), Montty Giriana (Deputi bidang koordinasi energi sumber daya alam dan lingkungan hidup), Prabianto Mukti Wibowo (Asisten Deputi Tata Kelola Kehutanan).

 

Tim Redaksi