14 Kab/ Kota di Sumut Peroleh Penghargaan Raskin Award 2014

14 Pemerintah Kab dan Kota di Sumut Peroleh Penghargaan Raskin Award 2014Medan, 11/11 – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara memberikan Raskin Award 2014 kepada empat belas pemerintah kabupaten/kota yang dinilai lancar dalam penyaluran dan pembayaran raskin kepada penerima yang berhak.

Penghargaan Raskin Award kepada 7 pemerintah kota dan 7 pemerintah kabupaten. Adapun tujuh pemerintah kota yang menerima penghargaan yakni pemerintah kota Tebing Tinggi, Tanjung Balai, Sibolga, Medan, Padangsidimpuan, Gunung Sitoli dan Binjai. Sedangkan 7 Kabupaten yakni Kabupaten Tapanuli Utara, Serdang Bedagai, Padang Lawas Utara, Tapanuli Selatan, Pakpak Bharat, Deli Serdang dan Labuhan Batu Utara. Penghargaan tersebut diberikan Plt Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi yang melalui Sekdaprovsu Hasban Ritonga, Rabu (11/11) di Gedung Binagraha Pemprovsu Jl.P. Diponegora Medan.

Hadir pada kesempatan itu Kepala Perum Bulog Divre Sumut Fasika Khaerul Zaman, mewakili Kepala Kejaksaan Tinggi Sumut Fahmi, Bupati/Walikota penerima penghargaan, Ketua Tim Koordinasi Raskin Sumut beserta anggota, Kasubdivre bulog se-Sumut selaku angggota.  

Dalam pengarahan usai memberikan penghargaan Raskin Award 2014 itu, Plt Gubsu berharap Raskin Award bisa mendorong walikota/bupati untuk meningkatkan pelayanan raskin kepada masyarakat.

“Sudah seharusnya pemkab/pemkot menyalurkan raskin dengan baik dan lancar karena memang merupakan kewajiban sesuai dengan program pemerintah, bukan hanya seremonial semata” katanya.

Bahkan, lanjut Plt Gubsu, kalau ada tunggakan pembayaran oleh pemkab/pemko yang akhirnya menghambat alokasi raskin kepada masyarakat itu merupakan salah satu bentuk pengkhianatan kepada rakyat.

Pengkhianatan itu mengacu pada fakta bahwa masyarakat sudah langsung membayar saat menerima raskin sehingga seharusnya tidak terjadi tunggakan.

Plt Gubsu dalam arahannya yang disampaikan Sekdaprovsu Hasban Ritonga menyebutkan berdasarkan data yang diterima dari perum bulog divre Sumut tanggal 2 Nopember 2015, hampir semua kabupaten/kota masih mempunyai tunggakan raskin berjalan, kecuali Kabupaten Nias Selatan, Kota Gunung Sitoli, Kabupaten Nias Utara dan Nias Barat.

Sedangkan kabupaten Langkat, Tapanuli Tengah dan Mandailing Natal masih belum menyelesaikan tunggakan raskin tahun 2014.

Plt Gubsu memberikan apresiasi kepada kabupaten/kota yang pada saat ini menerima penghargaan raskin award tahun 2014 karena dengan kerja keras dan upaya-upaya yang dilakukan penyaluran raskin dapat terealisasi 100 persen. “Perolehan raskin award tahun 2014 meningkat yakni 14 kabupaten kota yang menerima raskin award tahun 2014, dibandingkan tahun 2013 hanya 9 kabupaten/kota yang menerima.

Kepada kabupaten/kota yang belum menerima penghargaan Plt Gubsu mengimbau agar menjadikannya sebagai acuan dan motivasi untuk meningkatkan pelayanan yang lebih prima kepada masyarakat miskin, khususnya program raskin. “Pada tahun berikutnya diharapkan semua kabupaten/kota di Sumatera Utara memperoleh penghargaan raskin award,” tukasnya.

Kepala Perum Bulog Sumut Fasika Khaerul Zaman mengatakan bahwa Raskin Award Sumut sudah dilakukan rutin setiap tahun untuk mendorong minat walikota/bupati menjalankan program raskin dengan lebih baik.

Mengingat pelayanan kepada masyarakat harus makin ditingkatkan, Bulog juga sudah meningkatkan kriteria penilaian Raskin Award 2014 seperti mengacu pada proses yang dilakukan pemkab/pemkot dalam penyaluran raskin tersebut seperti apakah ada edukasi raskin hingga penyediaan dana talangan.

Dia mengakui, secara keseluruhan, penyaluran raskin di Sumut semakin membaik meski harus lebih dimaksimalkan. (Humas Pemprovsu)-(Ernes)

Sumber: sumutprov.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.