UPACARA DETIK – DETIK PROKLAMASI HUT REPUBLIK INDONESIA KE-74 KABUPATEN MANDAILING NATAL

 

DISKOMINFO-MADINA. Upacara peringatan detik-detik Proklamasi dan Pengibaran Bendera Merah Putih peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 74 Tahun 2019 berlangsung penuh khidmat di Lapangan Pasir Putih, Kelurahan Pidoli, Kecamatan Panyabungan, Sabtu (17/08/2019).

Upacara penaikan bendera Sang Saka Merah Putih tersebut dipimpin langsung Bupati Madina, Drs. H. Dahlan Hasan Nasution yang dihadiri Wakil Bupati Madina, HM Jakfar Sukhairi Nasution, Ketua DPRD Madina, H. Maraganti Batubara, Kapolres Madina, AKBP. Irsan Sinuhaji, Sik, MH, Kajari Madina, Taufik Djalal, SH, Kepala Pengadilan Negeri Madina, Deny Riswanto, SH, MH, Ketua Pengadilan Agama Madina, Yunadi, S.Ag, Kepala BNNK Madina, AKBP. Ramlan, SH. MH, Danramil 13 Panyabungan, Kapten Inf AK Harahap dan kepala OPD pemkab Madina.

Bupati Drs. Dahlan Hasan Nasution bertindak sebagai Inspektur Upacara sekaligus menyerahkan bendera untuk dikibarkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA) . Sebelum pengibaran, Ketua DPRD Madina H. Maraganti terlebih dahulu membacakan teks Proklamasi. Selanjutnya, pasukan pengibar bendera  pusaka (PASKIBRAKA) yang merupakan siswa SMA/MA dari sejumlah sekolah di Kab. Madina dengan sikap sigap dan tegap melaksanakan tugasnya untuk mengibarkan Bendera Merah Putih hingga ke puncak tiang bendera disaksikan ribuan pasang mata yang tertuju pada mereka.

Bupati Drs. Dahlan Hasan Nasution bertindak sebagai Inspektur Upacara menyerahkan bendera untuk dikibarkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA)

Mengenakan stelan serba putih, Bupati tampak antusias dan penuh khidmat mengikuti jalannya upacara terlebih saat prosesi pengibaran Bendera Merah Putih. Dalam sambutannya,  Bupati Madina Drs. H. Dahlan Hasan Nasution menyampaikan dengan Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945, pendahulu kita telah membuktikan bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar, yang berdiri tegar melawan penindasan dari penjajahan, hingga mampu meraih kemerdekaannya sendiri.

“Karena itu, sudah sepatutnya kita merenung, mengheningkan cipta demi mendoakan para pahlawan bangsa, serta mengucap syukur atas nikmat kemerdekaan yang kita rasakan saat ini,” Drs. H. Dahlan Hasan Nasution.

Setelah seluruh rangkaian upacara berjalan dengan sukses,  dilanjutkan dengan pemberian cenderamata kepada pejuang veteran dan dilanjutkan dengan sesi photo bersama.

Tim Redaksi