Berita Madina

Tingkatkan Pelayanan, Disdukcapil Madina Adakan Bimtek

Tingkatkan Pelayanan, Disdukcapil Madina Adakan BimtekPanyabungan – Guna meningkatkan pelayanan pendaftaran penduduk dan catatan sipil agar menjadi lebih cepat dan akurat serta terintergrasi, Dinas Kependudukan Catatan Sipil Sosial Tenaga Kerja dan Transimigrasi (Disdukcapil dan Nakertrans) Kabupaten Mandailing Natal (Madina) mengadakan bimbingan teknis di Aula Hotel Madina Sejahtera, Dalan Lidang, Panyabungan, Selasa (28/9/2016).

Bimtek pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil yang dilaksanakan selama tiga hari ini diikuti 23 kecamatan yang ada di Kabupaten Mandailing Natal. Dalam bimbingan tersebut Disdkcapil dan Nakertrans menghadirkan 2 narasumber dari Dirjen Dukcapil.

Kepala Bidang Kependudukan dan Catatan Sipil Ibrahim Lubis menjawab wartawan mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan pelayanan pendaftaran penduduk dan catatan sipil kepada masyarakat sehingga menjadi lebih cepat, akurat dan sinergis.

Dikatakannya, di dalam peningkatan pelayanan pendaftaran penduduk  dan catatan sipil kepada masyarakat, selain membekali peserta dari kecamatan melalui bimtek pihaknya juga melakukan pelayananan keliling di setiap kecamatan serta membuka pelayanan di luar hari kerja resmi.

“Untuk melayani masyarakat dalam pelayanan pendaftaran penduduk dan catatan sipil kita melakukan pelayanan kesetiap kecamatan-kecamatan dan membuka pelayanan dihari Sabtu,” ujarnya.

Mengingat pentingnya pendaftaran penduduk dan catatan sipil bagi masyarakat,  Ibrahim mengharapkan kepada masyarakat agar senantiasa melakukan pelaporan baik itu kematian maupun lainnya yang berhubungan dengan kependudukan agar sentiasa melakukan pelaporan kepada Disdukcapil Madina.

“Mengingat minimnya kesadaran dari warga masyarakat akan identitas kependudukan saya mengharapkan kepada petugas-petugas kecamatan maupun para kepala desa agar lebih aktif didalam melakukan pendataan dan melakukan pengusulan penerbitan dokumen kepada masyarakat,” harapnya. (MS Putra)

Sumber: wali.co.id

Artikel yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *