Berita Madina

Tata Kelola Arsip, KPU Mandailing Natal Bentuk Pokja

Tata Kelola Arsip, KPU Madina Bentuk Pokja
Panyabungan – Arsip merupakan bagian yang sangat penting dalam suatu lembaga, baik lembaga Pemerintah struktural maupun lembaga Pemerintah non-struktural. Pada pelaksanaan rapat pleno secara periodik yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mandailing Natal (Madina) pada Senin (1/8), KPU Madina memfokuskan pada tata kelola kearsipan. Pada rapat tersebut, KPU Madina segera membentuk Kelompok Kerja (Pokja) terkait pelaksanaan tata kelola kearsipan.

“Pokja Tata Kelola Kearsipan KPU Madina harus bergerak cepat melakukan penataan arsip. Selambat-lambatnya Pokja ini sudah harus terbentuk minggu depan. Pokja ini nantinya akan bekerja dengan dibantu seluruh jajaran sekretariat KPU Madina yang telah dibentuk tersebut,” ujar Ketua KPU Madina, Agus Salam.

Penatakelolaan arsip difokuskan pada pendataan dan inventarisasi seluruh arsip yang dimiliki oleh KPU Madina. Arsip-arsip yang didata tersebut terdiri dari arsip penyelenggaraan Pemilu yang bersifat fasilitatif maupun substantif, mulai dari Periode penyelenggaraan Pemilu Tahun 2004 sampai dengan Tahun 2015.

Seluruh arsip tersebut selanjutnya akan dipilah dan diberi label berdasarkan jenisnya. Gunanya untuk memudahkan pemeliharaan arsip secara tertib dan benar agar menunjang kelancaran komunikasi kedinasan, baik lingkup internal maupun eksternal KPU Madina.

“Penatakelolaan arsip ini diharapkan nantinya akan terwujud tertib administrasi dalam penyimpanan arsip/dokumen Pemilu serta tercapai efektifitas penyimpanan dan pencarian arsip/dokumen yang dimiliki KPU Madina,” tandas Agus Salam.

Hadir pada rapat tersebut antara lain Ketua dan Anggota KPU Madina, Sekretaris, Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Umum, Logistik, dan Keuangan, Pelaksana Harian (Plh) Kasubbag Program dan Data, serta staf Sekretariat KPU Madina. (along/jw/KPUMadina).

Sumber: kpud-madinakab.go.id

Artikel yang Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *