TAMAN RAJA BATU

DISKOMINFO – MADINA. Taman Raja Batu adalah sebuah area multi fungsi yang melengkapi keberadaan Komplek Perkantoran Bupati Mandailing Natal sebagai  pusat pemerintahan yang refresentatif dan sekaligus menjadi lokasi taman terbuka hijau yang ramai dikunjungi warga.

Dinamai Taman Raja Batu karena lokasi ini dipenuhi oleh bebatuan besar yang dianalogikan sebagai rajanya bebatuan atau raja batu. Keberadaan Taman Raja Batu menjadi solusi atas ketidak tersediaan lapangan tempat berbagai acara formal Pemkab Mandailing Natal. Taman Raja batu menjadi lokasi utama berbagai event yang dilaksanakan oleh Pemkab Mandailing Natal yang dalam hal ini tentunya menghasilkan efisiensi keuangan daerah karena selama ini harus menyewa lapangan ataupun lokasi milik masyarakat.

Pembangunan Taman Raja Batu diinisiasi oleh Bupati Mandailing Natal, Drs. H. Dahlan Hasan Nasution pada tahun 2017. Kini Taman Raja Batu menjadi salah satu tempat favorit warga Madina untuk dikunjungi. Keelokan dan jernihnya Aek Singolot yang berliuk membelah Taman Raja Batu, tanaman unggulan khas mandailing, Pohon Beringin yang rimbun dan berbagai wahana seperti panjat tebing, jogging track, Beranda Madina sebagai tempat berselfie ria menjadikan lokasi ini semakin menarik

Selain sebagai lokasi rekreasi dan tempat Upacara Apel Gabungan Pemkab Mandailing Natal setiap Hari Senin pagi, berbagai event penting yang pernah berlangsung di Taman Raja Batu antara lain :

  1. Peringatan HUT Madina ke XVIII, dengan agenda utama Pemecahan Rekor MURI Minum Kopi Menggunakan Tempurung/Kopi Takar, Dzikir Akbar bersama penceramah kondang Ustazd Yusuf Mansyur (9 Maret 2017).

    Dzikir Akbar bersama penceramah kondang Ustazd Yusuf Mansyur Peringatan HUT Madina ke XVIII di Taman Raja Batu (9 Maret 2017).

  2. Pusat kegiatan kunjungan Presiden RI Bapak Joko Widodo pada 25 Maret 2017 dengan agenda Silaturrahmi bersama Pemerintah Kabupaten dan Warga Mandailing Natal, Pembagian Sertifikat Tanah kepada warga Sumatera Utara.

    Silaturrahmi Presiden bersama Pemerintah Kabupaten dan Warga Mandailing Natal, Pembagian Sertifikat Tanah kepada warga Sumatera Utara di Taman raja Batu.

     

  3. Jambore Teknologi Tepat Guna Tingkat Provinsi Sumatera Utara 29 Juli 2017

    Dr. Ir. H. Tengku Erry Nuradi, MBA., M.Si. kunjungi Taman raja Batu dalam rangka

     

  4. Peringatan HAORNAS Tingkat Provinsi Sumatera Utara ke 34 Tahun 2017, yang dihadiri oleh Gubsu Bapak. H. T. Erry Nuradi bersama utusan kabupaten/kota se Sumatera Utara. 
  5. Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kabupaten tahun 2017 dan 2018.
  6. Silaturrahmi Nasional Barisan Muda Indonesia Raya (BMIR) Tahun 2019 yang dihadiri oleh Ketua Umum BMIR Rouli Octara.