Berita Madina

SMS Center KPU Madina Mudah dan Praktis

SMS Center KPU Madina Mudah dan PraktisPANYABUNGAN – SMS Sidalih dalam program SMS Center yang diluncurkan KPU Madina, Sabtu (12/9) kemarin, sangat praktis dan mudah serta efisien juga akurat.

Sehingga warga Mandailing Natal (Madina) yang ingin mengetahui apakah sudah terdaftar di Daftar Pemilih Sementara Pilkada Madina atau belum akan mudah terlayani.

Konsultant IT KPU Madina, Muhammad Rizki Lubis dalam paparan teknis pada peluncuran SMS Sidalih itu mengungkapkan, alur SMS dari masyarakat ke KPU Madina, tak ubahnya seperti ber-SMS biasa. Ketik cek (spasi) nomor NIK yang ada di KTP lalu kirim ke 08126066548.

Selagi si warga yang mengirim SMS menunggu jawaban dari KPU Madina, maka operator yang bertugas di KPU Madina sedang memproses data si pengirim SMS. Setelah operator selesai memeriksa data si pengirim SMS, akan langusung memberikan jawaban kepada si warga melalui SMS balasan.

Apabila si warga yang bersangkutan telah terdaftar di DPS (Daftar Pemilih Sementara) maka operator menjawabnya, Contoh jawaban : Telah terdaftar pemilih dengan nama: Muhammad alamat Dalan Lidang di TPS 1.

Jika yang bersangkutan belum terdaftar di DPS, maka operator akan menjawab, contoh : Nama anda belum terdaftar di DPS, mohon hubungi petugas PPS tempat tinggal anda.

Muhammad Rizki menjelaskan, SMS yang dikirim warga tersebut terkoneksi dengan system computer, sehingga system akan langsung mengkoneksikan NIK si warga dengan data base yang ada di KPU Madina. Sehingga dengan cepat akan diketahui apakah si warga telah terdaftar di DPS atau belum.

“Sistem otomatis terkoneksi dengan data base, kecuali tidak ada NIK atau belum terdaftar pada DPS akan dijawab operator secara manual,” jelas Rizki.

Keunggulan SMS Center ini, bisa diakses tanpa batas waktu. Selain itu biayanya juga bersandar pada tarif provider. Selain mudah dan praktis, juga mudah dijangkau hampir ke seluruh daerah pemilihan.

Sumber: MandailingOnline.com

Artikel yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *