SEKDA MANDAILING NATAL MEMANTAU DESA BINAAN HATINYA PKK DI DESA SAYUR MAINCAT KECAMATAN KOTANOPAN

Sekda Mandailing Natal, Drs. Syahnan Batubara, MM, memantau langsung Nomimasi Desa Hatinya PKK, yaitu Desa Binaan Desa Sayur Maincat Kecamatan Kotanopan. (12/06/2019)

 

Diskominfo – Madina. Program yang sedang dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal di Desa Sayur Maincat Kecamatan Kotanopan yaitu Desa Binaan. Desa Binaan merupakan suatu program pemberdayaan masyarakat dengan target lokasi sebuah desa yang memenuhi kriteria untuk menjadi sebuah desa binaan. Mengembangkan desa binaan merupakan pilihan yang tepat dan strategis baik untuk kepentingan pembangunan nasional. Program ini diyakini akan memberikan dampak positif, yaitu membina sumber daya manusia di perdesaan dengan pendekatan pendidikan dan pembinaan.

Kriteria program Desa Binaan ini seperti diantaranya, berkelanjutan, saling memberi manfaat, pengembangan energi hijau, selaras dengan lingkungan hidup. Serta memprioritaskan wilayah sekitar rumah masyarakat.

Pemanfataan tanah pekarangan (Hatinya PKK) adalah pelaksanaan dari 10 program PKK yaitu menggerakkan masyarakat untuk memanfaatkan tanah pekarangan dengan menanam berbagai tanaman sayuran, apotik hidup, lumbung hidup, peternakan dan perikanan untuk pemenuhan pangan dan gizi keluarga.

Desa Sayur Maincat Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal merupakan salah satu desa yang dijadikan sebagai desa dengan program pemberdayaan masyarakat desa binaan dan diikutkan dalam kategori Desa Binaan tingkat Provinsi yaitu lomba pemanfaatan tanah pekarangan dan tertib administrasi.

 

Kadis Perumahan dan Permukiman Kab. Mandailing Natal, Rahmadsyah Lubis, ST, MM, terlihat dengan ibu-ibu masyarakat Desa Sayur Maincat Kec. Kotanopan sedang membungkus hasil pengomposan Bank Sampah “Tambat Losung”. (12/06/2019)

Dalam kesempatan itu, Sekda Mandailing Natal, Drs. Syahnan Batubara, MM beserta pimpinan OPD memantau langsung program desa binaan di Desa Sayur Maincat Kecamatan Kotanopan. Selama pelaksanaan dan pengembangan program perlu dilakukan monitoring dan evaluasi secara berkala untuk menentukan pencapaian tingkat keberhasilan yang telah ditetapkan dalam perencanaan.

Adapun inovasi andalan dari Desa Binaan Hatinya PKK, Desa Sayur Maincat, Kec. Kotanopan diantaranya adalah Bank Sampah, dimana setiap sampah yang diterima dari warga masyarakat akan dikelola secara baik dan dicatat nilai nominalnya pada Buku Tabungan Bank Sampah. Pavin Block dari plastik bekas, biasanya pavin block yang dijual dipasaran terbuat dari semen dan pasir, namun dengan inovasi dan penelitian yang dilakukan Tim Penggerak PKK Desa Sayur Maincat, Kec. Kotanopan diciptakan Pavin Block berbahan plastik bekas, yang diyakini lebih kokoh dan kuat dari Pavin Block yang ada dipasaran.

Inovasi andalan berikutnya adalah Minyak Tanah dari Batang Pisang. Penemuan Minyak Tanah dari pokok batang Pisang ini diyakini sebagai suatu penemuan yang dapat bermanfaat bagi masyarakat dalam menyikapi semakin tingginya kebutuhan terhadap minyak tanah. Inovasi anadalan terakhir yang diajukan TP. PKK Desa Sayur Maincat, Kec. Kotanopan adalah Pupuk Kompos dari Sampah Organik. Pupuk Kompos yang dihasilkan dari pengolahan sampah organik ini dapat dimanfaatkan untuk tanaman-tanaman yang ditanam dipekarangan halaman rumah setiap warga masyarakat diantaranya adalah Cabai, Terong, Daun Prei, Selada, Labu, Kunyit, Jahe, Lengkuas dan aneka sayuran lainnya, serta cocok juga buat tanaman buah-buahan seperti Pisang, Nenas, Pepaya dan Jambu.

 

Tim Redaksi