Berita Nasional

PVMBG Terus Pantau Aktifitas Gunung Sinabung

PVMBG Terus Pantau Aktifitas Gunung SinabungJAKARTA – Berdasarkan data pengamatan visual dan instrumental yang dilakukan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, aktivitas Gunung Sinabung menunjukkan kecenderungan peningkatan serta potensi ancaman bahaya. Sejak tanggal 2 Juni 2015 pukul 23:00 WIB hingga hari ini, status Gunung Sinabung masih tetap di level IV (Awas).

Ancaman bahaya ini merupakan kelanjutan dari kejadian awan panas guguran pada 28 April 2015 silam. Sejak terjadinya awan panas guguran tersebut, kubah lava di puncak terus mengalami pertumbuhan, volume kubah semakin membesar hingga hampir dua kali lipat dari sebelumnya, dengan kondisi yang tidak stabil, sehingga berpotensi guguran lava pijar, aliran lava, dan awan panas.

Sesuai pengamatan oleh PVMBG, tanggal 3 Juni 2015 kemarin hingga pukul 18:00 WIB, terjadi 91 kali gempa guguran dengan variasi lama gempa antara 16 hingga 160 detik. Pada periode ini juga telah terjadi peningkatan jumlah gempa guguran yang terekam dibandingkan dengan satu minggu sebelumnya.

Saat ini, PVMBG masih melakukan pemantauan secara intensif guna mengevaluasi aktivitas Gunung Sinabung. Selain itu, PVMBG juga akan terus melakukan sosialisasi tentang ancaman Gunung Sinabung untuk meningkatkan pemahaman dan kewaspadaan masyarakat akan ancaman aktivitas erupsi Gunung Sinabung. Apabila terjadi penurunan aktivitas vulkanik Gunung Sinabung secara signifikan, maka tingkat aktivitasnya akan segera diturunkan sesuai dengan tingkat aktivitas dan ancamannya. 

Sumber: esdm.go.id

Artikel yang Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *