Puluhan Hektar Tanaman Padi di Panyabungan Diserang Hama

Puluhan Hektar Tanaman Padi di Panyabungan Diserang HamaPanyabungan – Puluhan hektar sawah di Wilayah Desa Saba Jambu, Pagarantonga dan Desa Gunung Manaon, Desa Pidoli Kecamatan Panyabungan Kota mengalami penyakit aneh, daun terlihat kemerahan dan sulit berbuah.

Kondisi ini membuat para petani khawatir gagal panen. Khairul Andi salah seorang petani mengaku, dirinya tidak mengetahui jenis hama yang menyerang tanaman padi di wilayahnya. Hama seperti ini baru kali pertama terjadi pada tanaman Padi di wilayah ini.

sejauh ini, upaya Pemerintah dalam hal ini Dinas Pertanian sudah memberi bantuan berupa obat obatan pertanian.

Kepala Dinas Pertanian Mandaiking Natal Ir.Taupik Ritongan pada StArtNews mengaku, jenis penyakit yang menyerang sawah petani di Kecamatan Panyabungan Kota ini adalah Serangan hama Tikus dan Kepinding tanah serta intensitas hujan yg tinggi.

Dinas pertanian kata Taupik Telah memberikan obat tanaman jenis petrokum untuk para petani yang sawahnya terserang hama. Tim PPL nya kata Taupik masih terus memantau perkembangan serangan hama ini.

Kepala Dinas Pertanian ini mengaku, dampak dari hama ini pastinya ada yakni penurunan hasil panen nantinya, untuk itu Taupik mengharapakan pada petani agar berkoordinasi dengan PPL setempat sehingga antisipasi kerugian petani padi nantinya dapat terminimalisir.

Sumber: startfmmadina.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.