Berita Madina

PT. SMGP Bersama Petani Kembangkan Budidaya Ikan di Purba Lamo

PT SMGP Bersama Petani Kembangkan Budidaya Ikan di Purba LamoLEMBAH SORIK MARAPI – Purba Lamo adalah salah satu desa di kawasan Kecamatan Lembah Sorik Marapi, Mandailing Natal yang usaha pencaharian masyarakatnya mayoritas bertani, dan ada juga masyarakat yang beternak ikan tawar.

Namun, kendala bagi yang beternak ikan tawar ini adalah kurangnya biaya. Terkait itu, PT Sorik Marapi Geothermal Power (SMGP) memberikan bantuan yang menunjang usaha perikanan warga.

Bantuan yang disalurkan meliputi pipa saluran air kolam, jaring untuk pakan ikan, kabel dan juga bola lampu untuk penerangan ikan serta bibit ikan mas sebanyak 3.200 ekor.

Bantuan ini secara simbolis diserahkan oleh pihak PT SMGP yang diwakili Apriadi Gani kepada ketua kelompok Tani Rado Muliana, Zakkir Rangkuti, Senin (24/8) di Purba Lamo.

Bantuan ini diberikan sebagai dukungan perusahaan terhadap pengembangan budidaya ikan tawar di desa tersebut. Pihak perusahaan berharap, masyarakat bisa mengembangkan bantuan itu secara swadaya, dengan begitu, maka secara langsung bisa menaikkan kesejahteraan dalam sisi ekonomi warga.

Selain itu, dengan pengembangan budidaya ikan bisa mengurangi angka pengangguran di daerah Purba Lamo.

Zakkir Rangkuti dalam sambutannya mengucapkan rasa terimakasih kepada PT Sorik Marapi Geothermal Power yang telah ikut berperan serta dalam membangun ekonomi desa khususnya Desa Purba Lamo.

“Kami sangat tertarik dengan program pemberdayan ikan air tawar ini. Kita memiliki potensi air tawar yang melimpah, tetapi selama ini hanya fokus pada sawah dan ladang. Padahal kita memiliki peluang juga kalau dibuka program baru dengan pembudidayaan ikan air tawar,’’ katanya.

“Selama ini kita hanya mengembangkan pola pemberdayaan pertanian, namun tidaklah salah, kita mulai dengan pembudidayaan ikan air tawar. Kita harus tangkap peluang yang ada dan besar harapan, pembentukan kelompok pemberdayaan ikan air tawar ini, desa kita bisa menjadi contoh untuk pembudidaayaan ikan air tawar,” ungkapnya.

Sumber: MandailingOnline.com

Artikel yang Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *