Profil Bupati

PROFIL BUPATI KABUPATEN MANDAILING NATAL

Drs. H. Dahlan Hasan Nasution

Bupati Mandailing Natal periode 2016-2021, lahir di Desa Sopo Tinjak Kec. Batang Natal pada tanggal 11 Mei 1958 dari pasangan Bapak Kamaluddin Nasution dan Ibu Nurjannah Nasution. Menempuh pendidikan SD di Desa Sopotinjak, SMP di Desa Natal, SMA di Medan, dan kemudian melanjutkan Perguruan Tinggi di Medan. Sosok Drs. Dahlan Hasan Nasution dikenal tegas, jujur, dan santun. Sayang kepada semua masyarakat dari berbagai usia, etnis, dan agama.

Mempunyai komitmen dalam membawa Kab. Mandailing Natal menjadi Kabupaten Terbaik di Indonesia. Dikenal sebagai seorang yang sederhana. Seni, khususnya menyanyi juga puisi, meubel naturalistik, dan rancang bangun jalan adalah hobi beliau. Dalam hal seni suara, beliau ini Bapak Drs. H. Dahlan Hasan Nasution mempunyai group musik yang dinamai dengan Trio Bupati Madina. Bidang puisi, salah satu yang selalu diucapkan dalam kesehariannya:

“Janganlah pergi sengaja untuk dicari, dan janganlah berlari sengaja untuk dikejar. Hidup tidak sebercanda itu”. “Melupakan orang yang kita sayangi sama beratnya mengenal orang yang tidak kenal”.

Drs. Dahlan Hasan Nasution juga memiliki jiwa sosial yang tinggi. Hal ini dapat dilihat dari seringnya beliau menyambangi kegiatan kemasyarakatan. Banyak kegiatan-kegiatan yang dihadiri beliau seperti hari besar keagamaan, memberi perhatian terhadap veteran, mengunjungi Sekolah Luar Biasa (SLB), Lembaga Pemasyarakatan dan Panti Asuhan. Sebagai manusia yang taat beragama serta dibarengi jiwa sosial yang tinggi Ketua Pembina PKK Kab. Mandailing Natal ini pada Tahun 2018 mengadopsi bayi dan mengangkatnya sebagai anak sendiri dan diberi nama Shifa Maikila.

Sebagai Ketua Pembina Tim Penggerak PKK Kabupaten, beliau juga berkomitmen penuh untuk mendukung gerakan PKK di Kab. Mandailing Natal. Ini telah dibuktikan dengan diperolehnya Pakarti Utama II Pemanfaatan Halaman Pekarangan (Hatinya PKK) Tahun 2018 yang diumumkan dalam Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Tingkat Nasional ke-47 di Padang Sumatera Barat Tahun 2019.