Berita Nasional

PPN/ Bappenas Luncurkan Musrenbang Elektronik Untuk RPJMN 2015-2019

Bappenas Luncurkan Musrenbang ElektronikKementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) memfasilitasi aspirasi dan saran masyarakat untuk berkontribusi dalam penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJM) 2015-2019 dengan meluncurkan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Elektronik.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinof A. Chaniago melalui akun twitter resminya, Kamis, di Jakarta, meminta masyarakat untuk turut berkontribusi dalam RPJMN 2015-2019 dengan menyampaikan aspirasinya melalui laman Musrenbangnas.bappenas.go.id
 
“Mari bermusyawarah di Musrenbang Elektronik, dalam rangka perumusan RPJMN 2015-2019,” tulis Andrinof, yang juga pakar kebijakan publik di Universitas Indonesia (UI).
 
Dalam situs tersebut, terdapat kanal “Masukkan” yang dapat digunakan masyarakat untuk menyampaikan aspirasi tentang rencana pembangunan 2015-2019.
 
Bappenas juga menyediakan sejumlah unggahan data mengenai paparan Menteri PPN dan jajaran Deputi pada Musrenbangreg di Palu dan Ambon yang sudah berlangsung sepekan terakhir.
 
Terdapat pula unggahan data mengenai Rancangan Awal RPJMN 2015-2019, dan paparan Menteri PPN serta Deputi dalam Rapat Koordinasi Pembangunan Tingkat Pusat (Rakorbangpus).
 
Kementerian PPN/Bappenas sedang menyelenggarakan Musrenbangreg yang dijadwalkan berlangsung di lima kota yang mewakili lima regional.
 
Selain Palu (Regional Sulawesi), dan Ambon (Regional Maluku dan Papua), Musrenbangreg juga dijadwalkan akan berlangsung di Belitung (Regional Sumatera), Tarakan (Regional Kalimantan), dan Lombok (Regional Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara Barat/NTB).
 
Andrinof sebelumnya pernah mengemukakan, pemerintah dapat meluncurkan RPJMN 2015-2019 pada Januari 2015.

Sumber:
Musrenbangnas.bappenas.go.id
AntaraNews.com
Indonesia.go.id

Artikel yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *