Berita Madina

Posbakumadin, Bantuan Hukum Bagi Warga Kurang Mampu

Posbakumadin, Bantuan Hukum Bagi Warga Kurang MampuPanyabungan – Posbakumadin Medan (Pos Bantuan Hukum Advokad Indonesia Mandailing Natal) Medan cabang Mandailing Natal membuka pelayanan bantuan hukum secara gratis bagi warga masyarakat kurang mampu.

Khususnya bagi warga masyarakat kurang mampu yang tersandung kasus hukun dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun.
 
“Untuk menjangkau masyarakat yang kurang mampu didalam pelayanan bantuan hukum, Peradin melalui Posbakumadin akan mengakomodasi kebutuhan masyarakat akan hukum dengan memberi bantuan hukum secara cuma-cuma,” ujar ketua Posbakumadin Medan Cabang Mandailing Natal, Imran Salim Nasution SH kepada ANTARA, Rabu.
 
Imran menyebutkan, pemberian pelayanan bantuan hukum kepada warga yang tidak mampu ini merupakan instruksi dari UU hukum acara pasal 56 yang mengharuskan adanya pendampingan hukum bagi orang-orang kurang mampu khususnya yang diancam hukuman diatas 5 tahun.

Berdasarkan hal itulah sesuai dengan UU No.16 tahun 2011 dan Peraturan Mahkamah Agung Nomor.01 tahun 2014 tentang pedoman pemberian pelayanan hukum bagi masyarakat tidak mampu dipengadilan-pengadilan.

Dia menjelaskan, mengingat UU hukum pada pasal 56 tersebut mewajibkan pelayanan pembantuan hukum untuk itulah Posbakumadin Medan hadir bagi masyarakat untuk memberikan pelayan hukum bagi masyarakat yang tersandung kasus hukum

Sumber: antarasumut.com

Artikel yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *