Berita Madina

Pilkades Serentak Madina Akan Dilaksanakan Awal Tahun 2017

Pilkades Serentak Madina Akan Dilaksanakan Awal Tahun 2017Panyabungan – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa serentak di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) akan diadakan pada awal tahun 2017. Dikarenakan pada Desember mendatang banyak Desa yang masa tugasnya telah berakhir sehingga awalnya direncakan ada Pemilihan pada bulan Desember maka digabungkan pada awal 2017.

Demikian dikatakan pelaksana tugas Kabag Tapem Pemkab Madina, Junaedi kepada wartawan, Selasa 4 Oktober 2016 di ruang kerjanya.

Diakuinya, memang rencana Pilkades serentak dijadwalkan pada akhir tahun 2016 namun dikarenakan pertimbangan lainnya maka diundur hingga awal tahun 2017.

“Masa tugas kepala desa akan banyak berakhir pada Desember mendatang, sehingga akan ikut juga pada Pilkades serentak,” katanya.

Pada Prinsipnya ungkap Junaidi, persoalan Pilkades tidak ada kendala, karena perdanya sudah ada yaitu Perda nomor 2 tahun 2016 yakni Tata Cara Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan, Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa.

“Disamping kita menunggu berakhirnya masa tugas Kepala Desa yang berakhir pada Desember mendatang, saat ini banyak jadwal – jadwal yang cukup pada terutama pembahasan KUA – PPS, rencana Perubahan APBD 2016 serta pembahasan APBD 2017 mendatang,” katanya.

Dikatakannya, jumlah desa yang akan mengikuti Pemilihan Serentak ini sekitar 264 Desa dan anggaran Pilkades akan ditampung pada P.APBD 2016.

“Meskipun pelaksanaannya pada awal tahun 2017 namun tahapan – tahapannya telah terlaksana termasuk pembentukan Panitia. Anggaran Pilkades serentak ini sebesar Rp.1,460.600.000 dan akan ditampung pada Perubahan APBD 2016 ini,” demikian diakuinya.

Dari informasi yang dihimpun di lapangan sejumlah desa telah membentuk kepanitiaan tentang Pilkades serentak.

Sumber: startfmmadina.com

Artikel yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *