Berita Nasional

Petani: Program Cetak Sawah Sangat Membantu Masyarakat

Petani Program Cetak Sawah Sangat Membantu MasyarakatPanyabungan Sumut 6/4 – Program Cetak Sawah Dinas Pertanian dan Peternakan Kab. Madina T.A 2012 seluas Lebih kurang 250 Hektare tepatnya di Rura Sitata Desa HutaPuli sangat membantu masyarakat demikian disampaikan Idam (50) salah satu petani ketika ditemui sewaktu menanam padi, Panyabungan, Senin.

Dia mengatakan, “atas nama masyarakat kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemkab. Madina melalui Dinas Pertanian dan Peternakan Mandailing Natal yang telah sukses dalam Program Cetak Sawah T.A 2012 di Desa Hutapuli Kec. Siabu.”

“Sebelum program ini diadakan, seluruh sawah yang ada tidak difungsikan dan hanya dibiarkan saja sehingga mejadi hutan semak belukar,” katanya.

Idam menambahkan, “setelah program cetak sawah selesai sawah yang dulunya tidak pernah dikelola sekarang masyarakat sudah dapat mengelolanya kembali sehingga menjadi sawah produktif. Sampai saat ini masyarakat sudah merasakan panen padi yang ke-lima, mengenai hasil panen yang didapatkan itu tergantung bagaimana cara pengelolaan dari masing-masing petani,” jelasnya.

“Memang benar hasil panen padi dapat terkendala akibat beberapa hal, seperti hama wereng dan hama tikus apalagi saat tensitas curah hujan tinggi. Namun kita tetap berharap akan bantuan dari Pemerintah sehingga permasalahan yang dihadapi petani dapat tertuntaskan demi mewujudkan Swasembada Pangan khususnya di Madailing Natal,” kata Idam.

Artikel yang Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *