Berita Madina

Perpustakaan Hutapungkut Jae Perpustakaan Terbaik di Madina

Perpustakaan Hutapungkut Jae Raih Perpustakaan Terbaik di MadinaKOTANOPAN – Kantor Perpustakan dan Arsip Daerah Mandailing Natal menetapkan Perpustakaan Rakyat Desa Hutapungkut Jae, Kecamatan Kotanopan sebagai juara I Perpustakaan Desa/Kelurahan Terbaik Tingkat Kabupaten Mandailing Natal tahun 2015.

Dr. Rizali Harris Nasution, Pendiri PIDM, Rabu (2/12) menyambut gembira atas penetapan Perpustakaan Rakyat ini terpilih sebagai Juara I.

Selain menyatakan terima kasih Pemkab Madina, ia juga menyatakan terima kasih kepada banyak pihak yang telah memberika dukungan kepada perpustakaan ini.

Rizali melanjutkan, Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Daerah Sumatera Utara secara berkala selalu menyumbangkan buku ke perpustakaan ini.

Selain itu tercatat juga sumbangan dari Kick Andy Foundation dan individu masyarakat, baik yang berasal dari Mandailing maupun dari luar Mandailing yang menjadikan perpustakan ini menjadi seperti sekarang.

“Ke depan kita akan bekerja lebih keras lagi karena buku adalah jendela dunia dan masyarakat di pelosok manapun harus dapat melihat dunia antara lain melalui buku,” imbuhnya.

Perpustakaan Hutapungkut Jae Menyimpan Peninggalan Sejarah Mandailing

Ketua  Pusat Informasi dan Dokumentasi Mandailing (PIDM), Imran Nasution menyatakan Rabu (2/12),  perpustakaan ini didirikan  pada  bulan Juli 2010.

Keunikan Perpustakaan ini, selain berfungsi sebagai perpustakaan juga ada museum yang menyimpan barang-barang kebudayaan masyarakat etnis Mandailing tempo dulu, termasuk foto-foto yang menunjukkan ketinggian budaya Mandailing sejak zaman dahulu.

“Masyarakat yang berkunjung ketempat ini dapat membaca literature khusus tentang Mandailing. Selain buku-buku bersifat umum, masyarakat setempat dan dari luar Mandailing telah banyak yang sudah memanfaatkan buku-buku ini sebagai referensi. Bahkan beberapa kali telah disiarkan secara lokal dan nasional oleh sebuah stasiun televise,” katanya.

Saat ini tersedia sebanyak 1.362 judul buku, majalah 1.979 eksemplar dan puluhan foto serta pajangan barang-barang.

Sumber: MandailingOnline.com

Artikel yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *