Berita Madina

Perahu Kayu Merupakan Tranportasi Utama di Kecamatan Batahan dan Natal

Perahu Kayu Merupakan Tranportasi Utama MasyarakatPanyabungan, Sumut 20/02 – Perahu kayu merupakan salah satu tranportasi utama masyarakat Kec. Batahan dan Kec. Natal, Kabupaten Mandailing Natal.

“Salah satu masyarakat Kec. Batahan Ismar (55) mengatakan bahwa perahu kayu ini sangat membantu masyarakat meskipun masih memakai peralatan manual katanya pada 20 Februari di Pasar Natal, Jum’at.

“Dia menyampaikan bahwa seluruh masyarakat baik dari Kec. Batahan begitu juga Kec. Natal sangat bersyukur dengan keberadaan perahu tersebut. Sehingga aktivitas dan kegiatan masyarakat dapat terbantu, Meskipun sungai Batang Natal hanya berjarak lebih kurang 100 meter tidak akan mungkin dilalui tanpa menggunakan perahu tersebut, Disebabkan karena ketiadaan jembatan penghubung penyeberangan yang menggunakan perahu sudah berlalu puluhan tahun,” katanya.

“Adapun biaya yang harus dikeluarkan untuk satu unit sepeda motor dikenakan lima ribu rupiah untuk sekali penyeberangan dan hanya mampu mengangkut 2 (dua) unit roda dua serta enam orang penumpang dalam setiap perahu, Namun bagi pelajar tidak akan dikenakan biaya sepersen pun.

“Selain jalur penyeberangan sungai memang masih ada jalur darat, namun masyarakat akan membutuhkan waktu sekitar 3 (tiga) jam. Alhasil masyarakat lebih memilih transportasi perahu,” jelasnya.

“Memang sebelumnya ada jembatan pinjaman tapi tidak bisa digunakan lagi karena sudah terputus, namun masyarakat tetap mengharapkan perhatian pemerintah propinsi untuk pembangunan jembatan. kata Ismar

Artikel yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *