Berita Nasional

Pemulangan Kloter Terakhir Jamaah Haji Indonesia Dari Madinah

Sekjen Kemenag Lepas Pemulangan Kloter Terakhir Jamaah Haji Dari MadinahMadinah (Pinmas) — Proses pemulangan jamaah haji Indonesia sudah berakhir Senin (26/10) dini hari waktu Arab Saudi.  Kloter gabungan UPG 27 dan LOP 11 menjadi kloter pamungkas yang diberangkatkan dari Bandara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah menuju Makasar dan Lombok. Kloter gabungan tersebut dilepas langsung oleh Sekretaris Jenderal Kemenag Nur Syam di hotel Fayroz Al Khair.

Dalam sambutannya Nur Syam mengatakan Jemaah haji Indonesia itu merupakan duta-duta bangsa Indonesia di negara lain, bukan hanya di Arab Saudi saja tapi juga duta kaum muslimin seluruh dunia. Menurut Nur Syam, hal itu sudah diperankan sangat baik oleh jamaah haji Indonesia dalam bentuk kesopanan, tidak mementingkan dirinya sendiri dan itu merupakan catatan yang sangat menonjol.

“Jamaah haji Indonesia adalah duta-duta bangsa dan jamaah haji kita sudah dikenal dengan kesopanannya, santunnya serta tidak mementingkan dirinya sendiri dan itu merupakan catatan yang sangat menonjol dari jamaah haji Indonesia,” kata Nur Syam

Nur Syam juga melihat wajah para jamaah haji Indonesia luar biasa senang bergembira karena mereka telah menyelesaikan tugas besar dalam kehidupannya yaitu melaksakan ibadah haji sebagai rukun islam yang kelima. “Saya melihat dalam pelepasan jamaah haji kloter terakhir rona wajah mereka luar biasa  gembira karena telah menyelesaikan tugas besar dalam kehidupannya, yaitu melaksakan ibadah haji,” ucapnya

Sementara itu, Ketua Muasassah Adilla Ja’far Hateem Bali dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada jamaah haji Indonesia karena mereka terkenal dengan sopan santunnya. Pihaknya juga mendoakan agar jamaah Indonesia dapat kembali lagi ke Tanah Suci. “Kami sangat mengapresiasi jamaah haji Indonesia dan kami telah berusaha melayani yang terbaik untuk jamaah haji Indonesia,” kata Ja’far.

Pelepasan ini dihadiri Acting Konjen RI Dicky Yunus, Ketua PPIH Arab Saudi Ahmad Dumyathi Bashari, Kadaker Madinah Nasrullah Jasam, serta Ketua Muasassah Adilla Ja’far Hateem Bali.

Sebanyak 381 kelompok terbang (kloter) jamaah haji Indonesia sudah dipulangkan dari Tanah Suci ke Tanah Air. Sebanyak 294 orang yang tergabung dalam kloter 27 Embarkasi Makassar (UPG 27) dan Embarkasi Lombok (LOP 11) menjadi kloter terakhir yang diterbangkan dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah. (ha/mch/mkd)

Sumber: kemenag.go.id

Artikel yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *