Berita Madina

Pemkab Mandailing Natal Gelar Seminar Pendidikan Berkarakter

Pemkab Mandailing Natal Gelar Seminar Pendidikan KarakterPanyabungan – Dinas Pendidikan Kabupaten Mandailing Natal gelar seminar pendidikan berkarakter, Rabu.
 
Acara yang digelar di gedung serba guna, Aek Godang, Panyabungan tersebut turut dihadiri Wakil Bupati Mandailing Natal, Hm. Jakfar Sukhairi Nasutuion, kepala-kepala sekolah dan para Ka.Upt Dinas pendidikan se-Kabupaten Mandailing Natal.

Dalam seminar yang bertemakan ‘Pendidikan Berkarakter’ ini menghadirkan dua nara sumber yakni, Rektor Universitas Medan (Unimed) Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd dan koordinator pengawas Dinas Pendidikan Madina, Drs. H. Zulkarnain Tanjung, M.Pd.

Wakil Bupati Mandailing Natal, HM.Jakfar Suhairi Nasution dalam kata sambutannya mengharapkan kepada para tenaga pendidik yang ada agar senantiasa menerapkan pendidikan berkarakter kepada para peserta didik sehingga nantinya dapat melahirkan siswa-siswa yang berkarakater.

Sementara itu, Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd mengatakan, penerapan pendidikan berkarakter pada sekolah-sekolah ini merupakan amanat dari pada Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasiona.

Yang mana pada Undang-undang tersebut menjelaskan pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya.

Yang memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

“Dengan adanya acuan ini semoga menjadi upaya bagi Pemerintah Daerah didalam membenahi pendidikan yang ada dimandailing Natal,” ujanya.

Sumber: antarasumut.com

Artikel yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *