PEMKAB MANDAILING NATAL GELAR EVALUASI MANDIRI PENERAPAN SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK (SPBE) TAHUN 2019

Diskominfo – Madina. Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal menggelar pertemuan Evaluasi Mandiri Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Tahun 2019 di Aula Kantor Bupati, Komplek Perkantoran Payaloting, Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Kamis (18/10/2019)

Pelaksanaan Evaluasi Mandiri  Penerapan SPBE Tahun 2019 yang diprakarsai  oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mandailing Natal bertujuan untuk mengetahui capaian kemajuan penerapan SPBE di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di wilayah Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal, yang diupayakan terintegrasi secara internal dan vertikal ke instansi pemerintah pusat. Pelaksanaan Evaluasi ini juga dimaksudkan untuk sharing informasi semua unsur OPD terkait, demi perbaikan kualitas regulasi, infrastruktur dan layanan aplikasi SPBE baik bersifat layanan umum atau khusus demi transparansi pengelolaan sistem pemerintahan yang selama ini dilaksanakan dan selanjutnya dijadikan sebagai bahan rujukan implementasi SPBE di tahun yang akan datang.

Pelaksanaan evaluasi  mandiri SPBE dapat digunakan sebagai pedoman bagi setiap OPD di wilayah Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal dalam pelaksanaan pembangunan dan pengembangan SPBE yang terpadu sehingga dapat mewujudkan layanan SPBE yang berkualitas, terintegrasi dan berkesinambungan serta bermanfaat  bagi masyarakat, pelaku usaha, aparatur sipil negara dan integrasi instansi antar pemerintah daerah.

Pertemuan Evaluasi Mandiri Penerapan SPBE tahun 2019 dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Mandailing Natal, Gozali Pulungan, SH, MM dan dihadiri sejumlah pimpinan OPD diantaranya adalah Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mandailing Natal, Drs. M. Sahnan Pasaribu, MM., Kepala Inspektorat Kabupaten Mandailing Natal, Drs. Marwan Bakti Siregar, M.Si,  Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Mandailing Natal, Drs. Parlin Lubis, AP., Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Mandailing Natal, Muhammad Ikbal, S.Psi., dan sejumlah perwakilan OPD yang terkait dengan implementasi SPBE di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal termasuk Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panyabungan.

Aspek penilaian dari penerapan SPBE di setiap instansi pemerintah pusat dan pemerintah daerah dinilai dengan metode mengukur tingkat kematangan dari implementasi SPBE yang terdiri dari 3 domain penilaian yaitu kebijakan SPBE, Tata Kelola SPBE, dan Layanan SPBE. Tingkat kematangan setiap domain dari penerapan SPBE ini menunjukkan karakteristik kematangan tertentu pada kapabilitas proses dan kapabilitas fungsi teknis SPBE itu sendiri.

Tata kelola dan penerapan SPBE juga disesuaikan dengan potensi sumber daya manusia dan infrastruktur yang tersedia di lingkungan pemerintah daerah. Pengelolaan SPBE yang maksimal akan mewujudkan asas keterbukaan dan transparansi pengelolaan sistem pemerintahan terhadap hak masyarakat untuk memperoleh informasi yang benar, jujur dan tidak diskriminatif dalam rangka pelayanan publik dan mendorong setiap unsur pemerintah daerah berupaya dalam mewujudkan e-Government  demi terciptanya pemerintahan yang bersih bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme.

Penilaian penerapan SPBE didasarkan pada informasi yang diberikan oleh instansi pusat dan pemerintah daerah melalui kegiatan evaluasi mandiri dan wawancara yang dibuktikan dengan berkas data, dokumen dan screen shoot aplikasi layanan yang tersedia serta dokumen pendukung lainnya.

 

Tim Redaksi