Berita Nasional

Pemkab Madina: Selamat Tahun Baru Islam 1438 Hijriah!

Selamat Tahun Baru Islam 1438 Hijriah!Jakarta – Tepat hari ini umat Islam memasuki tahun baru dalam kalender Islam yaitu 1 Muharram 1438 Hijriah. Beberapa tokoh Indonesia menyampaikan langsung ucapan selamat atas tahun baru.

“Selamat Tahun Baru Hijriah 1438 H untuk umat kaum muslimin di manapun berada. Semangat tahun baru kita jadikan momentum untuk memperkuat persatuan,” ucap Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam twitternya @Pak_JK, Minggu (2/10/2016).

Ucapan selamat juga disampaikan oleh Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, melalui akun twitternya @ZUL_Hasan. Zulkifli kembali menyuarakan soal pentingnya persatuan umat dan bangsa dalam meniti kehidupan di tahun baru.

“Lupakan perbedaan, temukan persamaan. Bersatu menjadi Ummat yang unggul, berdaya saing & sejahtera. Selamat Tahun Baru 1 Muharram 1438 Hijriah,” ucap Zulkifli Hasan.

“Selamat tahun baru Hijriah 1438 H… Semoga Insya Allah tahun ini lebih bermakna dibanding tahun sebelumnya. Aamiin… Aamiin… YRA,” ucap Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan.

“Selamat Tahun Baru Islam 1438 H. Mari hijriah dari hidup negatif menjadi positif, dari biasa menjadi juara, dari sengsara menjadi sejahtera,” sahut Wali Kota Bandung Ridwan Kamil @ridwankamil.

Dikutip dari Wikipedia, tahun baru Islam merujuk pada kalender Hijriah yaitu kalender yang digunakan oleh umat Islam. Kalender ini juga digunakan untuk menentukan tanggal atau bulan yang berkaitan dengan ibadah, atau hari-hari penting lainnya.

Kalender ini dinamakan Kalender Hijriah, karena pada tahun pertama kalender ini adalah tahun di mana terjadi peristiwa Hijrahnya Nabi Muhammad dari Makkah ke Madinah, yakni pada tahun 622 M. Di beberapa negara yang berpenduduk mayoritas Islam, Kalender Hijriah juga digunakan sebagai sistem penanggalan sehari-hari. Kalender Islam menggunakan peredaran bulan sebagai acuannya, berbeda dengan kalender Masehi yang menggunakan peredaran Matahari. (miq/rna)

Sumber: news.detik.com

Artikel yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *