Pemilihan Wakil Gubernur Sumatera Utara 28 September 2016

Pemilihan Wagubsu 28 SeptemberMEDAN – Panitia Khusus DPRD Sumatera Utara menjadwalkan pemilihan wakil gubernur mendampingi Gubernur Sumut Erry Nuradi dilaksanakan pada 28 September 2016 mendatang.

“Penjadwalan Kerja Pansus sudah `on the track`,” kata Yantoni Purba yang juga Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Sumut itu baru-baru ini.

Anggota Pansus Pengusulan Wagub Sumut ini menegaskan jadwal itu sudah ditetapkan melalui rapat pansus pada 26 Agustus. Ketua Fraksi PKS DPRD Sumut, Zulfikar, mengatakan pihaknya sudah mengusulkan empat nama ke DPP PKS, namun nama calon wagub masih dalam pembahasan. Ditambahkan, keempat nama itu terdapat kader dan unsur luar partai.

Lebih lanjut, Yantoni mengatakan DPRD Sumut telah membentuk Pansus yang bertugas dalam menjaring nama calon Wagub pada 24 Juni lalu. Pansus tersebut telah dibentuk sebelum keluarnya surat dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tertanggal 27 Juli 2016 yang berisi imbauan kepada DPRD dan Pemprov Sumut memfasilitasi pemilihan Wagub.

Ketua Pansus Pengusulan Wagub Sumut, Syah Afandin, mengatakan pihaknya telah membahas langkah lanjut setelah mendapatkan tata tertib pemilihan dari Kemendagri. Setelah itu, Pansus akan menyurati parpol pendukung yang memiliki hak yakni PKS dan Partai Hanura untuk mengusulkan nama yang akan dipilih menjadi wagub.

Dalam surat Kemendagri itu, ditetapkan teknis pengusulan calon wagub tersebut berupa satu surat yang ditandatangani bersama pimpinan PKS dan Partai Hanura. Surat tersebut berisi minimal dua nama yang dikirim ke gubernur dan ditembuskan ke DPRD Sumut. Baru kemudian diagendakan pemilihannya di DPRD Sumut.

Setelah pemilihannya berlangsung, hasilnya akan dibuatkan menajdi berita acara yang diserahkan ke Presiden RI melalui Kemendagri. Sekretaris Fraksi Partai Hanura DPRD Sumut, Darwin Lubis, menabahkan pihaknya sudah mengeluarkan kebijakan mengusulkan nama Nurazizah Marpaung yang merupakan purnawirawan TNI dengan pangkat Brigadir Jenderal (bintang satu) menjadi calon wagub. (wol/aa/antara/data1)

Sumber: waspada.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.