Berita Nasional

Pemerintah Berikan Bintang Jasa kepada 46 Tokoh

Pemerintah membrikan Bintang Jasa kepada 46 Tokoh PEMERINTAH menganugerahkan tanda kehormatan kepada 46 tokoh yang dinilai berjasa besar terhadap bangsa dan negara. Pemberian penghargaan dalam rangka peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-70 kemerdekaaan Republik Indonesia itu berlangsung di Istana Negara, Jakarta, kemarin.

Tanda kehormatan yang disematkan langsung oleh Presiden Joko Widodo tersebut terdiri atas Bintang Mahaputera yang diberikan kepada 22 orang, Bintang Jasa kepada 22 orang, dan Bintang Penegak Demokrasi kepada 2 orang. Selain itu, pemerintah memberikan Bintang Budaya Parama Dharma kepada delapan orang.

Bintang Mahaputera terdiri atas Bintang Mahaputera Adipradana yang diberikan kepada Hamdan Zoelva (mantan Ketua MK), Jenderal TNI (Purn) Moeldoko (mantan Panglima TNI), Jenderal (Purn) Sutanto (mantan Kapolri), dan Jenderal (Purn) Bimantoro (mantan Kapolri).

Sementara itu, tokoh yang menerima Bintang Mahaputera Utama di antaranya Sabam Sirait (mantan anggota DPR Fraksi PDIP), Syafii Maarif (mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah), Franz Magnis Suseno (filsuf dan budayawan), dan Surya Paloh (tokoh pers nasional).

Ketika mengomentari penghargaan tersebut, Surya Paloh menyatakan itu merupakan tantangan sekaligus komitmen untuk terus berkarya.

“Ini penghargaan yang membesarkan hati, nama baik, tapi konsekuensi dan moralnya besar. Harusnya bekerja lebih keras,” kata Surya seusai upacara penghargaan.

Surya menambahkan komitmen tersebut terutama berkaitan dengan penegakan kebebasan pers.

“Kebebasan pers bukanlah kebebasan yang absolut, tapi kebebasan yang bertanggung jawab. Bukan bertanggung jawab kepada penguasa, melainkan kepada masyarakat,” tukasnya.

Sabam Sirait, yang hadir dengan duduk di atas kuris roda, menyatakan penghargaan tersebut sesungguhnya berat. Baginya, pengabdian kepada negara tidak akan berhenti dengan adanya penghargaan.

Pada kesempatan itu, Sabam mengingatkan Presiden Joko Widodo agar terus bekerja keras dan jujur dalam memimpin pemerintahan.

“Saya minta sama Jokowi dan juga Ahok Gubernur DKI supaya mereka jujur bekerja dan kerja keras,” kata dia.

Sumber: mediaindonesia.com

Artikel yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *