Berita Madina

Pemda Madina Diharapkan Fasilitasi Pendirian Koperasi Petani Kopi

Pemda Madina Diharapkan Fasilitasi Pendirian Koperasi Petani KopiPANYABUNGAN – Pemerintah Daerah Kabupaten Mandailing Natal dalam hal ini Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, UKM, dan Pasar diharapkan dapat memfasilitasi para petani kopi didalam koperasi kopi. Pendirian badan koperasi ini selain melindungi para petani kopi dari permainan harga para tengkulak juga berpungsi untuk menampung hasil panen masyarakat

Salah seorang penggiat kopi Ali Musa Manto Lubis kepada Mandailing Online, Senin (14/3) mengatakan, untuk melindungi para petani kopi di Mandailing Natal dari permainan harga dari para  tengkulak pendirian sebuah badan yang bernamakan koperasi saya nilai sebagai sebuah solusi bagi para petani saat ini.

Dia juga menyampaikan selain berfungsi sebagai menampung hasil kopi dari petani juga melindungi petani  dari tengkulak, juga dapat  menstabilkan harga kopi dipasaran.

Belakangan ini perkebunan Kopi jenis Arabika mulai banyak digeluti oleh masyarakat Mandailing Natal  terutama dikawasan  Mandailing Julu dan Panyabungan Timur. (hol)

Sumber: mandailingonline.com

Artikel yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *