Berita Nasional

Pelayanan Bea Cukai di KNIA Jadi Sorotan

Pelayanan Bea Cukai di KNIA Jadi SorotanKUALANAMU – Kinerja petugas pelayanan Bea dan Cukai di terminal kedatangan Kualanamu International Airport (KNIA) disorot. Pasalnya, sejumlah penumpang yang baru tiba dari Bangkok ini berjam-jam antri untuk membayar pajak bea.

Informasi yang dihimpun akibat antrian panjang tu, tak sedikit penumpang di kedatangan luar negeri mengeluhkan pelayanan dari Bea Cukai KNIA. Haris, warga asal Padangsidimpuan, mengaku heran dirinya dipersulit.

Kejadian itu menimbulkan kesan yang beragam. Di satu sisi alasan pelayanan karena mengantisipasi barang-barang berbahaya, sehingga pemeriksaan diperketat. Tapi di sisi lain, pelayanan bea dan cukai dinilai tak maksimal.

“Kami belanja dari Bangkok ini bukan pertama kali. Toh, kami bayar pajak bea juga. Lalu, kenapa dipersulit?!” tanya Haris.

Penumpang yang lain, Johan dan Awi juga merasakan hal yang sama. Kedua warga Medan ini sangat menyayangkan pelayanan yang diberikan kepabeanan dan cukai KNIA.

“Bayangkan saja, kami sudah capek di pesawat, ditambah lagi antre berjam-jam, siapa yang tak kecewa,” katanya, seraya meminta ke depan pelayanan harus dibenahi.

Kasubsi Hanggar Kepabeanan dan Cukai KNIA, Mazhar Tanjung, membantah pihaknya mempersulit pelayanan. Menurut Mazhar, dalam pemeriksaan kepabeanan harus dihitung dulu pajak bea yang dibayar penumpang, sehingga memakan waktu.

Akan tetapi Mazhar juga tidak menampik lambatnya pemeriksaan, karena adanya petugas Penindakan dan Pencegahan (P2) Bea Cukai Pusat yang saat itu melakukan inspeksi mendadak. (wol/aa/waspada/data1)

Sumber: waspada.co.id

Artikel yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *