Berita Madina

Pedagang di Madina Meraup Rezeki Pada Momen Keberangkatan Calhaj

Pedagang di Madina Meraup Rezeki Pada Momen Keberangkatan Calhaj
Panyabungan – Puluhan pedagang kaki lima (PKL) di Mandailing Natal (Madina) meraup rezeki saat menjajakan dagangannya di Mesjid Agung Nur’Ala Nur Aek Godang, Kecamatan Panyabungan, Kamis (11/8). Sebab, jamaah calon haji (Calhaj) dan yang mengantar ramai di lokasi pemberangkatan calhaj tersebut.

Dari pantauan banyak yang membanjiri seputaran pinggir jalan dekat mesjid agung untuk menjajakan dagangannya. Para pedagang berjualan mainan anak-anak, makanan, minuman dan beberapa perlengkapan beribadah, pakaian dan lain-lain.

Para penjual rata-rata berjajar menggunakan tenda-tenda kecil dan ada juga yang berdagang tanpa pakai tenda sama sekali.

Seperti penuturan Iwan (30) yang tinggal di Jalan Lidang, salah satu penjual minuman es kelapa mengatakan biasanya saat ada keramaian atau acara di sekitar mesjid agung ini bisa mengambil keuntungan yang agak lumayan.

“Biasanya banyak sekali masyarakat pengunjung/para pengantar jamaah calon haji yang mengantar saudaranya yang hendak naik haji, jadi mereka menunggu di luar sambil minum. Namun saya lihat ini bisa jadi cuma ramainya saja karena tingkat ekonomi susah sekarang serta daya beli masyarakat rendah,” ucapnya.

Saidah seorang pembeli yang ikut menghantarkan keluarganya berangkat haji mengatakan, ikut menghantar hingga ke Mesjid Agung Nur Ala Nur sudah menjadi tradisi keluarga berduyun – duyun mengantar. “Dan disela menunggu pemberangkatan itu tentu kita haus ingin jajan, makanya pedagang penganan menjadi pilihan kita” katanya.

Sumber: medanbisnisdaily.com

Artikel yang Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *