Berita Madina

Paspor Calhaj Sumut Sudah Rampung 70 Persen

Paspor Calhaj Sumut Rampung 70 PersenMEDAN – Paspor calon jamaah haji (calhaj) Sumut telah rampung 70 persen. Hal ini disampaikan Kakanwil Kemenagsu, Drs H Tohar Bayoangin MAg, Jumat (27/5), bersama Kabid Dokumen Haji, Eri Nopa SE.

Tohar menyebutkan, sembari menunggu paspor calhaj lainnya, panitia telah menyusun kelengkapan paspor untuk pengurusan visa, sehingga saat jadwal pembuatan visa tiba, panitia akan membawa paspor langsung ke Jakarta.

“Paspor yang sudah lengkap langsung entry data untuk melengkapi pembuatan visa,” kata Tohar.

Bagi kabupaten/kota yang belum mengirimkan paspor jamaah, kata dia, diharapkan segera mengantarkan kepada panitia di Kanwil Kemenagsu. Hal ini untuk mempercepat panitia melaksanakan entry data calhaj agar proses pemvisaan yang akan terjadwal di Kedutaan Arab Saudi segera terselesaikan.

“Jika pihak keduataan Arab Saudi sudah membuka proses pembuatan visa calhaj, berkas yang diperlukan langsung diantar,” katanya berharap 30 persen lagi paspor yang ditunggu panitia segera rampung.

Kasi Haji Kemenag Kota Medan, Ahmad Qosbi, menyebutkan pihaknya sudah mengirimkan 1.300 paspor calhaj ke Kanwil Kemenagsu. Dikatakan, masih ada 600 paspor lagi yang belum dikirim.

“Umumnya calhaj masih menggunakan paspornya untuk bepergian, sehingga belum menyerahkan kepanitia. Tapi sudah kami ingatkan,” ujarnya.

Pgs Kabid Haji dan Umrah Kanwil Kemenagsu, Drs H Bahrum Saleh, menyebutkan, saat ini sedang berlangsung pelatihan pemantapan bagi petugas haji tahun 2016 hingga 3 Juni mendatang di Asrama Haji dengan 85 peserta.

“Petugas haji harus profesional, sehingga pelatihan ini dilengkapi dengan materi yang berkaitan dengan pelayanan kepada jamaah dan hal teknis sebagai para petugas,” kata Bahrum. (wol/aa/waspada/data2)

Sumber: waspada.co.id

Artikel yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *