Berita Madina

Pansus Ranperda Suorta Kabupaten Mandailing Natal Terbentuk

Pansus Ranperda Suorta TerbentukPanyabungan – Panitia khusus (Pansus) Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang perubahan pembentukan dan penyusunan perangkat daerah (Suorta), terbentuk dalam Rapat Paripurna DPRD Mandailing Natal yang dilaksanakan di gedung DPRD Madina, Senin (5/9).

Dalam Rapat Paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD Madina Hj Lely Hartaty, S.Ag dan Wakil Ketua DPRD Madina Ir Zubeir Lubis tersebut, Ir Ali Makmur Nasution terpilih sebagai ketua Pansus, Wakil Ketua, As Imran Khaitamy Daulay dan Anggotanya beberapa perwakilan dari fraksi-fraksi yang ada di DPRD Madina.

Dalam Ranperda perubahan pembentukan dan penyusunan perangkat daerah (Suorta) itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Mandailing Natal yang diwakili oleh Plh. Sekda Madina, M. Syafeii Lubis M.Si mengusulkan untuk Sekretariat Daerah menjadi tipe A, Sekretariatan DPRD tipe B, Inspektorat tipe A.

Sedangkan untuk Dinas daerah akan diusulkan menjadi 23 instansi antara lain, Dinas Administarsi Kependudukan dan Catatan Sipil (A), Dinas Kesehatan (A), Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (A), Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (B).

Dinas Sosial (A), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (B), Dinas Pendidikan (A), Dinas Pemuda dan Olah Raga (B), Dinas Pariwisata (B), Dinas Kelautan Perikanan (A), Dinas Pertanian (A), Lingkungan Hidup (A), Ketahanan Pangan (B), Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (B).

Dinas Perhubungan (C), Pertanahan (C), Perumahan dan Kawasan Permukiman (C), Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (A), Koperasi UKM (C), Perdagangan (D), Tenaga Kerja Transmigrasi (D), Komunikasi, Informatika dan Statistik (A), Perpustakaan dan Kearsipan (B) dan Dinas Satuan Pamong Praja, (A)

Sedangkan untuk Badan Daerah yang terdiri dari Badan Keuangan (A) BAPPEDA (B) Badan Penelitian dan Pengembangan (B) dan Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan tipe B. Sementara untuk 23 kecamatan yang ada masuk dalam tipe A dan ditetapkan sebagai perangkat daerah.

Sumber: antarasumut.com

Artikel yang Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *