Berita Nasional

Nurhajizah Terpilih Jadi Wakil Gubernur Sumatera Utara

Nurhajizah Terpilih Jadi Wakil Gubernur Sumatera UtaraMEDAN – Nurhajizah dari Partai Hanura mengalahkan rivalnya Muhammad Idris Luthfi dari Partai PKS dalam sidang paripurna DPRD Sumut pemilihan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu), Senin (24/10).

Nurhajizah memperoleh 68 suara dan Muhammad Idris Luthfi memperoleh 19 suara dari 88 orang anggota DPRD Sumatera Utara memberikan hak suaranya.

Rapat paripurna diwarnai interupsi dan debat antar anggota dewan. Perdebatan itu disebabkan adanya keputusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) yang memenangkan PKNU salah satu partai politik pengusung Gubsu dan Wagubsu 2013-2018 yang tidak dilibatkan dalam pengusulan Wagubsu.

Sutrisno Pangaribuan seorang anggota dewan dari Fraksi PDIP juga mengambil palu pimpinan sidang dan keluar ruangan sidang sebagai bentuk protes terhadap jalannya sidang paripurna pemilihan Wagubsu tersebut.

Sutrisno menganggap sidang paripurna pemilihan Wagubsu terlalu dipaksakan dan sidang tersebut telah mengangkangi peraturan yakni UU No.10 Tahun 2016 Tentang Pemilukada dan adanya PTUN yang meminta pemilihan Wagubsu ditunda sampai ada kekuatan hukum tetap. (wol/rdn/data3)

Sumber: waspada.co.id

Artikel yang Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *